• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 03:19

Dishub Mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Geospasial Tingkat Dasar Gelombang Pertama

Kapuas Hulu, Kalbar – Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu Mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Geospasial Tingkat Dasar Gelombang Pertama di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu (BAPPEDA) dari tanggal (05 – 07/02).

Pelatihan Sistem Informasi Geospasial Tingkat Dasar Gelombang Pertama diselenggarakan oleh Bappeda. Pada pelatihan ini diikuti oleh 34 peserta berasal dari beberapa Organisasi Perangkat yaitu Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu, Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu, DPUPR Kabupaten Kapuas Hulu, dan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu. Dinas Perhubungan menugaskan 7 (tujuh) staf untuk mengikuti pelatihan  ini.  Kegiatan berlangsung selama 3 hari yang dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu (BAPPEDA). Selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan Sistem Informasi Geospasial Tingkat Dasar.

Pelatihan Sistem Informasi Geospasial Tingkat Dasar dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan yaitu kegiatan di ruangan dan survei dilapangan.Kegiatan hari pertama adalah pengantar Global Positioning System (GPS) dan pengenalan Geographic Information System (GIS) menggunakan Software Arc-Gis 10.8.

Hari kedua pelatihan tentang pengolahan data dan penggunaan GPS di ruangan dan survei dilapangan. Survei dilapangan dibagi dalam beberapa kelompok yang memiliki rute berbeda dan tetap didampingi oleh tim pengajar. Survei ini menggunakan GPS Garmin dan GPS Mobile (Avenza). Setelah itu data yang didapat akan dioleh ke dalam GIS (DNR-GARMIN).

Selanjutnya untuk hari ketiga dengan materi layout data dari hari sebelumnya yang dieksport menjadi peta. Kemudian dilanjutkan dengan penutupan pelatihan. Kegiatan berjalan dengan lancar.

Read Previous

Dikbud Prov Kalbar Menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Guru Pendidikan Khusus Tahun 2024

Read Next

Baru 11 Desa di Kabupaten Sanggau Stop BAB Sembarangan