• Jumat, 27 November 2020. Jam: 20:38

Jalani Rapid Tes, Bupati Sintang Negatif Covid 19

Bupati Sintang, Jarot Winarno menjalani rapid tes

Sintang, Kalbar – Hasil rapid tes antibodi untuk mendeteksi Covid 19 yang dilakukan Bupati Sintang Jarot Winarno menunjukkan non-reaktif atau negatif COVID-19. Dikatakan Jarot, Dinkes Kabupaten Sintang telah melakukan rapid test pada hampir 300 orang. Mereka yang mengikuti rapid test diantaranya, PDP, Orang Dalam Pengawasan (ODP), para petugas kesehatan di garda terdepan dan para relawan, serta anggota Gugus Tugas Penanganan COVID-19 yang selalu berhubungan dengan banyak masyarakat.

“Saya termasuk yang rentan ya. Alhamdulillah hasilnya negatif,” kata Jarot.
Ia menyampaikan, rapid test merupakan upaya untuk menelusuri kasus COVID-19 di Sintang.

“Kita berperang melawan COVID-19. Kita tidak tahu musuh kita di mana. Tapi hingga saat ini, di Sintang belum ada satupun kasus positif COVID-19 ditemukan. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga belum ditemukan. Kita berusaha mencari, barangkali diantara ada kita yang sudah positif COVID-19. Salah satup caranya dengan melakukan rapid test,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh, menjelaskan rapid test merupakan test cepat untuk memeriksa apakah ada antibodi yang terbentuk akibat infeksi virus. Bisa menggunakan whole blood atau serum, hasilnya bisa diketahui dalam waktu kurang lebih 15 menit.

“Rapid test yang dilakukan bukan sebagai diagnosa pasti COVID-19, karena bisa saja ada infeksi virus lain yang juga bisa menyebabkan hasil test-nya. Rapid test ini untuk mendeteksi awal adanya infeksi virus. Apabila ada hasil reaktif atau positif, maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR menggunakan Swab tenggorokan,” jelasnya.

Dengan menggunakan Rapid Test ini, ungkap Sinto, sebagai langkah awal untuk mendeteksi ada atau tidaknya virus di dalam tubuh seseorang. Apabila ada hasil reaktif atau positif, maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR menggunakan Swab tenggorokan.

“Tadi bupati sudah menjalani rapid test ya, puji tuhan hasilnya nonreaktif atau negatif covid-19,” pungkasnya.

Komentar

Read Previous

Luas Perkebunan Sawit di Sintang 174 Ribu Hektar

Read Next

Sintang Terima Bantuan APD dan Masker

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *