• Senin, 15 April 2024. Jam: 14:05

Kabid P3 Dinkes PP dan KB Hadiri Lokmin Lintas Sektoral Triwulan I Puskesmas Putussibau Selatan

Kapuas Hulu, Kalbar – Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu Kastono, S.Kep.,M.E menghadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral Triwulan I tingkat Puskesmas Putussibau Selatan di Aula Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum, Kedamin Hilir Putussibau Selatan pada Rabu (6/2).

Hadir bersama Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yaitu Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) Wilayah Cluster Binaan Lintas Selatan 1. Kegiatan Lokmin Lintas Sektoral Triwulan I Puskesmas Putussibau Selatan dihadiri Camat Putussibau Selatan Asmiardy, S.H.,M.A.P sekaligus membuka kegiatan. Hadir Forkopimcam Putussibau Selatan, Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Irma Mulyani beserta jajaran pegawai/staf dan tenaga kesehatan Puskesmas setempat, petugas Pustu/Polindes, Kader, Lurah, kepala desa dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu Kastono mewakili Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB menyampaikan sambutan dan arahan.

Dalam sambutannya Kabid P3 Dinkes PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan, sesuai peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 tahun 2016 tentang pedoman Manajemen Puskesmas dimana tahapan Lokmin Lintas sektoral Triwulan I sebaiknya dilaksanakan pada minggu pertama tahun 2024 atau sebelum Musrenbang Kecamatan, karena keluarannya digunakan sebagai bahan untuk Musrenbang di tingkat Kecamatan.

“Pada Lokmin Lintas Sektoral Triwulan I juga menyampaikan hasil evaluasi kinerja puskesmas tahun 2023 melalui penilaian kinerja puskesmas (PKP),” terang Kastono.

Lebih lanjut Kastono menyampaikan, sebelum Lokmin Lintas Sektoral Triwulan I didahului dengan pelaksanaan Lokmin bulanan yang bertujuan untuk menilai sampai seberapa jauh pencapaian dan hambatan-hambatan yang dijumpai oleh para pelaksana program/kegiatan pada bulan atau periode yang lalu sekaligus pemantauan terhadap pelaksanaan rencana kegiatan puskesmas yang akan datang.

“Sehingga dapat dibuat perencanaan ulang yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai,” jelas Kastono.

Disamping itu, kata Kastono diketahui bersama bahwa keberhasilan pelaksanaan kegiatan puskesmas memerlukan keterpaduan baik lintas program maupun lintas sektor.

“Masalah kesehatan (termasuk kejadian kesakitan dan kematian) yang terjadi dimasyarakat disebabkan oleh banyak faktor, dimana sebagai penyebab utamanya diluar faktor kesehatan,” katanya.

Dijelaskan Kastono, Penyebab masalah kesehatan dapat disebabkan antara lain oleh faktor lingkungan (termasuk sosial-ekonomi-budaya), perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan, keadaan demografi dan faktor keturunan.

“Oleh karena itu untuk memecahkan masalah kesehatan dibutuhkan kerjasama antara sektor kesehatan dengan sektor-sektor lain yang terkait dengan penyebab terjadinya masalah kesehatan,” tegas Kastono.

Untuk menumbuhkan semangat kerjasama antar sektor yang terkait dalam pembangunan kesehatan diperlukan upaya pengggalangan dan peningkatan kerjasama lintas sektoral, agar diperoleh hasil yang optimal.

“Untuk memelihara kerjasama lintas sektor perlu dilakukan upaya penggalangan dan pemantauan pelaksanaan kerjasama melalui suatu forum lokakarya mini yang diselenggarakan setiap triwulan yang disebut lokakarya mini tribulanan,” jelas Kastono.

Adapun Lokakarya mini triwulan pertama merupakan lokakarya penggalangan tim yang diselenggarakan dalam rangka pengorganisasian untuk dapat terlaksananya rencana kegiatan sektoral yang terkait dengan pembangunan kesehatan. pada tahapan ini, puskesmas mendiskusikan usulan yang akan disampaikan didalam musrenbang kecamatan yang memerlukan dukungan dari lintas sektor terkait.

“Sehingga pada saat dilaksanakan musrenbang kecamatan semua pihak sudah tersosialisasi dan dapat mendukung program kesehatan di tingkat kecamatan. Pengorganisasian dilaksanakan untuk penentuan penanggungjawab dan pelaksana setiap kegiatan serta untuk satuan wilayah kerja. seluruh program kerja dan wilayah kerja kecamatan dilakukan pembagian habis kepada seluruh sektor terkait, dengan mempertimbangkan kewenangan dan bidang yang dimilikinya,” papar Kabid P3 Dinkes PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu ini.

Kastono juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada seluruh kepala puskesmas dan lintas sektor terkait terutama camat dan Forkompimcam, para kepala desa/lurah yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pelayanan kesehatan di kabupaten Kapuas Hulu khususnya di Kecamatan Putussibau Selatan.

“Semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberkati dan melindungi upaya kita dalam mewujudkan Kapuas Hulu HEBAT,” pungkasnya.

Lokakarya Mini Lintas Sektoral tingkat Kecamatan Putussibau Selatan dengan tema “Peran Lintas Sektoral Dalam Mensukseskan Program Prioritas Nasional”

Read Previous

Kadis Kominfotik Hadiri Goes To School di MTSN 1 Kapuas Hulu

Read Next

Pendampingan Penyusunan Laporan Kinerja oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu