• Rabu, 17 April 2024. Jam: 13:06

Kabid PSDK Beserta Jajaran Hadiri Opening Meeting Survey Akreditasi Puskesmas Semitau

Kapuas Hulu, Kalbar – Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu Nanang Padli, S.E.,M.Si mewakili Kepala Dinas PP dan KB mendampingi Tim Surveior pada pelaksanaan Opening Meeting Survey Akreditasi Puskesmas Semitau, Kecamatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (04/03).

Hadir Camat Semitau beserta unsur Forkopimcam, Kepala Puskesmas Semitau beserta seluruh pegawai/jajaran tenaga kesehatan Puskesmas Semitau dan pihak terkait lainnya. Kegiatan Opening Meeting Survey Akreditasi Puskesmas Semitau dihadiri oleh dua orang Tim Surveior.

Dalam sambutan tertulis Kadinkes PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu yang disampaikan Kabid PSDK mengungkapkan, seperti yang diketahui bahwa sasaran pembangunan Kesehatan Indonesia pada RPJMN adalah meningkatnya Akses dan Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan terutama di Daerah Terpencil, Tertinggal dan Perbatasan.

“Untuk itu ditetapkan arah kebijakan nasional yaitu program Indonesia Sehat dan penguatan pelayanan Kesehatan melalui program peningkatan akses sarana, prasarana dan sumber daya kesehatan serta program Peningkatan Mutu melalui Akreditasi Puskesmas di seluruh Indonesia,” ujar Nanang Padli.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu terdiri dari 23 Puskesmas dan 3 Rumah Sakit yang tersebar di 23 kecamatan Kabupaten Kapuas Hulu.

Ditambahkan Nanang, Puskesmas Semitau adalah Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, bertanggung jawab menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan di wilayah kerja Kecamatan Semitau.

“Maka dari itu, harapan saya Puskesmas Semitau dalam menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan untuk menjamin mutu pelayanan yang diterima oleh masyarakat,” harap Nanang.

Adapun manfaat Akreditasi Puskesmas ini bagi Dinas Kesehatan adalah sebagai wahana penilaian bagi Dinas Kesehatan dalam mengambil kebijakan terhadap pembangunan Kesehatan di Kabupaten Kapuas Hulu. Sedangkan manfaat bagi Puskesmas yang disurvey adalah sebagai wahana untuk meningkatkan Mutu dan Kinerja yang berkesinambungan melalui sistem manajemen mutu, UKM dan UKP serta penerapan manajemen resiko.

Oleh karenanya, Nanang berharap melalui Penilaian Akreditasi ini kinerja Puskesmas menjadi lebih baik sehingga Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan di Kabupaten Kapuas Hulu yang merupakan indikator kinerja pemerintah daerah tercapai.

“Pelayanan kesehatan di puskesmas yang berkualitas memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah sebagai pelayan publik yang merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntunan reformasi birokrasi,” pesannya.

Read Previous

Bupati Kapuas Hulu membuka langsung acara pertemuan Forum Perangkat Daerah, untuk membahas Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas Hulu

Read Next

Kadinkes PP dan KB Bersama Kasubbag Program Hadiri Forum Perangkat Daerah RKPD