• Minggu, 14 April 2024. Jam: 08:10

Kadis TPH Panen Raya Cabai Di Gapoktan Benua Raya Dusun Repun Desa Cempedak, Tayan Hilir, Sanggau

Sanggau, Kalbar – Rabu, 21 Februari 2024 Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Ir. Florentinus Anum, M.Si secara langsung membuka kegiatan Panen Raya Cabai di Gapoktan Benua Raya Dusun Repun Desa Cempedak Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau. Hadir dalam kegiatan panen raya ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sanggau ang dalam kesempatanini diwakili Kepala Bidang Hortikultura (Soni), Ketua Gapoktan Benua Raya (Heri Herlambang), Forum Komunikasi Kecamatan Tayan Hilir dan Masyarakat setempat (21/02).

Kegiatan Panen Raya Cabai ini adalah yang keempat kalinya di laksanakan di lahan dengan luas 8 Hektar ini dengan hasil panen mencapai 2,8 Ton/Ha. Dalam sambutannya Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat menyampaiakan bahwa potensi lahan ini sangat menjanjikan, produktivitasnya sangat baik untuk satu kali panen mencapai 500 Kg dan sejak awal tanam, tiga sampai empat bulan sudah bisa dipanen dengan masa panen produktif mencapai 1,5 sd 2 tahun dan dalam satu minggunya, para petani bisa 1 sampai 2 kali panen. Artinya memang komoditas cabai ini sangat dibutuhkan masyarakat, terutama rumah makan, restoran dan cafe, catering serta pabrik pengolahan cabai yang ada, jadi berapapun banyak cabai yang kita hasilkan akan tetap dibeli oleh pasar” ungkap Anum.

“Untuk produksi cabai di Kalimantan Barat sebenarnya sudah mencukupi, hanya kebutuhan akan cabai ini yang tidak bisa kita perkirakan karena kebutuhan cabai yang bersifat fluktuatif. Diharapkan semua Kelompok Tani di seluruh Kalbar dapat mencontoh ini, minimal satu WKPP/Penyuluh Pertanian memiliki lahan cabai 8 sd 10 Ha per desa 9 (Gerakan Tanam Cabai) dengan tujuan kebutuhan cabai bisa kita tingkatkan produktivitasnya di Kalimantan Barat ini dan jika ini tercukupi di pasar, maka harga cabai dapat lebih stabil sehingga kita dapat menekan angka inflasi menjadi lebih stabi di Kalimantan Barat ini. Terus Kita kembangkan Komoditi pangan strategis untuk meningkatkan esejahteraan dan juga pendapatan petani” pungkas Anum

“Potensi cabai dilahan ini sangat

Oleh: (Erwansyah)

Read Previous

Launching Desa Sadar Kerukunan, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau Suherman

Read Next

PJ Bupati KKU Hadiri Meeting Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan Percepatan Penurunan Stunting Kalbar