• Selasa, 16 April 2024. Jam: 06:06

Kolaborasi Pemda dan IKN untuk Kota Dunia

Jakarta – Pemerataan informasi terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN) dan potensi kerjasama dengan IKN dan memperkuat kolaborasi dengan seluruh pemerintah daerah dan kementerian/lembaga di seluruh Indonesia menjadi penting demi kelancaran pembangunan.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Rene Rienaldy, usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (14/3).

Menurut Rene, tujuan Rakornas ini selain pemerataan informasi pembangunan IKN, juga mensosialisasikan dan mewujudkan visi IKN sebagai kota dunia untuk semua.

“Rakornas ini bertujuan untuk memastikan pemerataan informasi mengenai bentuk Pemerintahan di IKN, potensi kerjasama dengan IKN, kekhususan IKN dan kewenangan khusus IKN, perkembangan pembangunan IKN, pelaksanaan investasi di IKN, serta untuk memperkuat kolaborasi dengan seluruh pemerintah daerah dan kementerian/lembaga di Indonesia.” tutur Rene.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan Pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Badan Pertanahan Nasional serta Ridwan Kamil sebagai Kurator IKN, juga disampaikan penjelasan konsep dan perspektif Ibu Kota Nusantara dari berbagai aspek, meliputi perspektif pemerintahan yang fokus pada inovasi dan kemampuan beradaptasi, perspektif lingkungan untuk mewujudkan kota berkelanjutan dengan mencapai net zero emissions pada tahun 2045 mendatang, perspektif ekonomi untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan dalam pertumbuhan ekonomi inklusif, serta perspektif teknologi yang mengadopsi konsep Kota Cerdas untuk meningkatkan kualitas hidup dan adaptasi masyarakat terhadap perubahan.

Rene menambahkan, bahwa Kepala OIKN, Bambang Susantono,  menyatakan pertemuan antara Pemerintah Daerah dan Kementerian/Lembaga dalam Rakornas ini dapat membangkitkan gairah OIKN untuk mewujudkan Nusantara sebagai salah satu tonggak Indonesia Emas.

“Pembangunan IKN merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif dengan menyebarkan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa,” jelas Rene.

Seperti diketahui, IKN akan menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara. IKN terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di dua kabupaten, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Ikut mendampingi Pj. Sekda dalam kegiatan ini Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kabuapten Kayong Utara, Tasfirani. [Prokopim]

Read Previous

Usulan Penambahan ASN KKU Disetujui

Read Next

KALIMANTAN BARAT LAKUKAN GERAKAN PERCEPATAN TANAM PADI PADA LAHAN TADAH HUJAN