• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 14:39

Kominfo Sintang Sosialisasikan 6 Cara Cerdas Gunakan MedSos

Sintang, Kalbar – Kepala Bidang Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang, Syukur Saleh menjelaskan bahwa ada 6 cara cerdas dalam menggunakan media sosial supaya bisa menekan dampak negatif pemanfaatan media sosial.

“Kaum remaja dan kita semua hendaknya membatasi waktu penggunaan media sosial. Pilih waktu yang pas untuk menggunakan media sosial. Jangan sampai, waktu yang harusnya produktif, terpakai untuk menggunakan media sosial. Sudah banyak contoh orang yang kecanduan game online dan media sosial,” ujarnya saat hadiri sosialisasi literasi media sosial di SMA Negeri 1 Sungai Tebelian pada Rabu (1/3). 

Dia mengatakan, pengguna media sosial juga harus mampu memilih dan memilah informasi yang positif atau negatif di media sosial. Periksalah dengan teliti informasi di media sosial agar tidak menimbulkan masalah terhadap diri sendiri dan orang lain. Teliti supaya tidak menyesal akan dampak negatifnya.

Lebih lanjut, dia menghimbau agar dapat berhati – hati sebelum membagikan informasi dari media sosial dan dapat disaring dulu informasi yang diterima sebelum sharing ke yang lain.

“Hati-hati juga saat memposting di akun media sosial. Sudah banyak kasus hukum yang terjadi akibat sembarangan menyebarkan informasi dan akibat postingan yang melanggar hukum khususnya Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Maka kita harus selektif dalam memilih teman dan bergabung dalam group di media sosial. Group medsos itu seharusnya memupuk persahabatan, memberikan informasi positif, tempat diskusi, sopan dan beretika. Jika tidak menampilkan itu, tinggalkan saja group tersebut,” tegasnya.

Tidak lupa, dia meminta untuk jaga data pribadi seperti tidak memposting KTP atau data lain di media sosial. Waspadai penipuan secara online yang marak akhir-akhir ini. “Jangan membuka rahasia orang lain. Jangan menyakiti, jangan menghina orang lain. Sudah banyak contoh artis dan selebram yang masuk penjara gara-gara postingan di media sosial. Terakhir, gunakan saja media sosial untuk hal yang produktif dan kreatif. Handphone sudah canggih dan pintar, buat akun youtube, gunakan media sosial untuk memasarkan produk, jualan sayur dan yang lain,” pintanya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Sungai Tebelian Abdul Halim menyampaikan bahwa dirinya menaruh perhatian terhadap pentingnya pemanfaatan media sosial dengan baik ini. Etika dalam menggunakan media sosial sangat penting baginya. Karena di tahu, handphone sudah dimiliki oleh semua pelajar dan Semua pelajar sudah menggunakan media sosial.

“Saya selalu memonitor penggunaan media sosial di kalangan guru dan pelajar di sekolah ini. Kalau ada postingan di media sosial masih menggunakan seragam sekolah dan postingan itu melanggar, maka akan saya kasi sanksi yang keras untuk anak tersebut,” tegasnya.

Dia juga meminta agar pelajar SMA Negeri 1 Sungai Tebelian bisa memanfaatkan media sosial untuk hal yang positif saja. Gunakan handphone untuk menunjang pelajaran.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Abdul Halim Kepala SMA Negeri 1 Sungai Tebelian dan diikuti oleh 110 pelajar kelas X.

Read Previous

Pemkab Kubu Raya Fokus Pembangunan Infrastruktur Jalan Hingga 2024

Read Next

Wabup Mempawah Apresiasi Kiprah IWAPI