• Jumat, 12 Juli 2024. Jam: 20:01

Mak Maulana Raup Untung Besar dari Usaha Popcorn

Sintang, Kalbar – Kuliner Mak Maulana, di Desa Jerora Satu Kecamatan Sintang bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda, untuk oleh – oleh yang bisa dibawa pulang ketika berkunjung ke Kabupaten Sintang. Produk makanan yang diproduksi oleh Kuliner Mak Maulana diantaranya Popcorn, Keripik Tempe, Mie Bayam, Mie Kacang Panjang dan Kopi Jagung.

Popcorn merupakan salah satu pilihan camilan yang biasanya dijadikan teman untuk nonton film. Camilan ini punya tekstur yang ringan dan renyah sehingga cocok dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa kekenyangan.

Untuk produk makanan popcorn dan keripik tempe, Mak Maulana memulai usahanya sejak tahun 2018. Berawal dari dorongan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, Suhaini, Owner Kuliner Mak Maulana mencoba membuat popcorn dan keripik tempe dengan mencontoh di youtobe. “Pertama kali saya membuat Popcorn secara manual, menggunakan open untuk mengembangkan popcornnya,” cerita Suhaini, Kamis (5/10).

Namun, karena dirasa cukup sulit membuat popcorn secara manual menggunakan open, akhirnya Suhaini berinisiatif membeli mesin popcorn untuk memudahkan produksinya.

“Saat membuat popcorn secara manual, popcorn harus dipanggang dalam open agar mengembang. Tapi menghabiskan waktu yang sangat lama. Kalau saya produksi 100 bungkus popcorn, butuh waktu sekitar 2 jam untuk memanggang popcorn di dalam open,” jelas Suhaini.

Kelemahan lainnya, ketika memproduksi popcorn secara manual adalah meski popcornnya mengembang setelah dipanggang dalam open, tapi tidak lama kemudian popcorn tersebut akan melempem. “Harus lama dipanggang dalam open untuk mengeringkan minyaknya agar tidak melempem,” tuturnya.

Selain membeli satu unit mesin popcorn untuk mempelancar usahanya memproduksi popcornnya, Suhaini juga memodifikasi produksi popcorn dengan resepnya sendiri. Sehingga popcorn produksi Mak Maulana ini terkenal lebih gurih dan lezat. Suhaini memasarkan produksi popcornnya ke warung-warung, rumah makan dan kafe. Ia juga melayani pemesanan secara online melalui instagram Mak Maulana.

Cara membuat popcorn tidaklah sulit, proses pembuatannya praktis dan tak butuh waktu lama. Tak heran jika popcorn selalu jadi camilan andalan untuk menemani waktu nonton maupun saat belajar. Inilah dia beberapa resep popcorn yang mudah dipraktikkan.

Selain popcorn, Kuliner Mak Maulana juga memproduksi keripik tempe sebagai jajanan untuk oleh – oleh bagi para pelancong yang datang ke Kabupaten Sintang. Dari usaha keripik tempe, Suhaini mampu meraup keuntungan Rp300 ribu perharinya. Sedangkan dari produksi popcorn yang diproduksinya, Suhaini bisa meraup keuntungan sebesar Rp200 ribu perharinya.

Bahkan di setiap Bulan Ramadhan, pesanan keripik tempe dan popcorn yang diterima Suhaini mencapai 80 kg. Sekarang ini usaha Mak Maulana terus berkembang. Pemesannya, selain dari Kabupaten Sintang, juga berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu dan daerah-daerah lainnya. Untuk mempelancar pemasarannya, Kuliner Mak Maulana bergabung juga di Koperasi Konsumen Salimah Senentang Sejahtera.

Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan oleh-oleh Popcorn dan Keripik Tempe Mak Maulana dapat menghubungi langsung ke 083150026488.





Read Previous

Perumdam Tirta Melawi Terus Berinovasi Berikan Pelayanan Masyarakat

Read Next

Wabup Yohanes Ontot Tutup Turnamen Kades Cup