• Selasa, 16 April 2024. Jam: 06:08

Mendagri Minta Pemda Fokus Kendalikan Inflasi dan Dukung Kelancaran Pemilu 2024

Kanyong Utara, Kalbar – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara Romi Wijaya menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan diikuti Kepala Daerah seluruh Indonesia yang berlangsung secara zoom meeting, di Ruang Rapat Bupati, Sukadana, Senin (12/02). dok foto : Prokopim Setda KKU

Sukadana, Prokopim.kayongutarakab.go.id – Pemerintah daerah diminta untuk fokus mengendalikan inflasi dan mendukung kelancaran Pemilu 2024. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah pada Minggu ke-2 Februari 2024.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian melalui Zoom Meeting ini diikuti oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia, termasuk Pemerintah Kabupaten Kayong Utara.Dalam arahannya, Mendagri Tito menyampaikan bahwa inflasi masih menjadi perhatian utama pemerintah, meskipun beberapa indikator menunjukkan penurunan. Ia menargetkan inflasi tahun 2024 berada di kisaran 2,5% ± 1%.

“Meskipun kita fokus pada Pemilu 2024, masalah inflasi tetap harus menjadi atensi kita bersama,” tegas Tito.

Tito kemudian menekankan beberapa poin penting dalam pengendalian inflasi di daerah, antara lain:Pemerintah daerah harus aktif memantau dan mengendalikan harga bahan pangan pokok.Pemerintah daerah harus bekerja sama dengan Bulog dan distributor untuk memastikan kelancaran distribusi bahan pangan.Pemerintah daerah harus memanfaatkan instrumen APBD untuk pengendalian inflasi.Pemerintah daerah harus mendukung kelancaran Pemilu 2024 dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

Langkah Pemkab Kayong Utara

Menanggapi arahan Mendagri, Penjabat (Pj.) Bupati Kayong Utara Romi Wijaya yang turut hadir dalam rapat tersebut menyampaikan beberapa langkah yang akan diambil oleh Pemkab Kayong Utara, antara lain:Menindaklanjuti arahan Mendagri terkait pengendalian inflasi.

“Menjelang bulan puasa dan lebaran, Pemkab Kayong Utara akan tetap melaksanakan Gerakan Operasi Pasar Murah. Membantu secara aktif menyukseskan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024,” ungkapnya.

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah ini diharapkan dapat menghasilkan solusi dan langkah konkrit untuk mengendalikan inflasi di daerah, sehingga stabilitas harga bahan pangan dapat terjaga dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Turut hadir dalam rakor zoom meeting ini, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara Rene Rienaldy, Asisten Perekonomian dan SDA (Asisten 2) Setda KKU dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Read Previous

Pj Bupati Kayong Utara Hadiri Doa Bersama Lintas Agama untuk Pemilu Damai 2024

Read Next

Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Hadiri Kegiatan FGD Dalam Rangka Kerjasama BPS dan DISKOMINFOTIK Kabupaten Kapuas Hulu