• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 07:59

MTQ Tangkal Dampak Negatif Kemajuan IT

Pontianak, Kalbar – M usabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-32 Tingkat Kecamatan Pontianak Kota tahun 2024 mulai digelar. Pada MTQ tahun ini, Kecamatan Pontianak Kota memperlombakan 13 cabang. Pelaksanaan lomba digelar di Pondok Al Adabiy Jalan Danau Sentarum Kecamatan Pontianak Kota.

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-32 Tingkat Kecamatan Pontianak Kota merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rohani disamping kebutuhan jasmaniah. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kecamatan Pontianak Kota, tidak hanya cukup terpenuhinya pembangunan fisik, sarana dan prasarana semata, tetapi harus diimbangi dengan pembangunan mental spiritual.

“Melalui MTQ ini juga sebagai penuntun sekaligus pengendalian diri dari nafsu yang menyimpang sekaligus filter dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi,” ujarnya saat membuka MTQ ke-32 Tingkat Kecamatan Pontianak Kota di Aula Kantor Camat Pontianak Kota, Sabtu (27/01).

Menurutnya, pelaksanaan MTQ ini menjadi penting dan strategis di dalam pembangunan sumber daya manusia di Kota Pontianak karena Al Quran mengutamakan pendidikan akhlak yang menjadi benteng dari segala hal yang bertentangan dengan norma kehidupan di masyarakat.

“Kita menyadari bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat tanpa dibarengi dengan penerapan pengetahuan agama yang baik dan benar akan berbahaya bagi kehidupan generasi muda,” ungkap Ani.

MTQ Tingkat Kecamatan Pontianak Kota ini sebagai upaya untuk menciptakan generasi yang Qurani dan juga sekaligus sebagai ajang seleksi qori dan qoriah, hafiz dan hafizah terbaik yang nantinya akan mewakili kecamatan di MTQ Tingkat Kota Pontianak.

“Namun yang terpenting dengan pelaksanaan MTQ, mari kita lantunkan dan gemakan ayat-ayat Al Quran, kemudian kita tanamkan dan pahami dalam hati maknanya, lalu kita laksanakan ajaran itu dalam kehidupan kita sehari-hari,” ajaknya.

Ketua Panitia MTQ ke-32 Tingkat Kecamatan Pontianak Kota Endang Rusmawaty menjelaskan, MTQ tahun ini, cabang yang diperlombakan sebanyak 13 cabang.

“Dengan total keseluruhan peserta berjumlah 133 peserta,” sebutnya.

Adapun rincian cabang dan jumlah peserta terdiri dari Tartil Anak-anak sebanyak 12 peserta, Tilawah Anak-anak 12 peserta, Tilawah Remaja 12 peserta, Tilawah Dewasa 2 peserta, Tartil Usia Emas 12 peserta, Qira’at Sab’ah Mujawah Dewasa 2 peserta, Qira’at Sab’ah Murattal Dewasa 12 peserta, Qira’at Sab’ah Murattal Remaja 12 peserta, Tahfidz 1 Juz 12 peserta, Tahfidz 5 Juz 10 peserta, Tahfidz 10 Juz 12 peserta, Tahfidz 20 Juz 2 peserta, Tahfiz 30 Juz 2 peserta. 

“Pelaksanaan pembukaan dan penutupan MTQ digelar di Aula Kantor Camat Pontianak Kota, sedangkan untuk perlombaannya akan digelar di Pondok Al Adabiy di Jalan Danau Sentarum,” tutupnya. (prokopim/kominfo)

Oleh: Jemi Ibrahim

Read Previous

Target Turunkan Stunting 14 Persen

Read Next

Implementasi Merit Sistem, Pemkab KKU Gelar Seleksi JPT