• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 07:07

Pembangunan Tiga Gerbang Batas Kota Resmi dimulai

Singkawang, Kalbar – Pembangunan tiga Gerbang Batas antar Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas resmi dimulai. Hal ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota Singkawang bersama Bupati Bengkayang dan Sekda Kabupaten Sambas di TCM Room, Minggu,  (27/2). Di tiga lokasi batas kota juga dilakukan peletakan batu pertama serentak dan menyaksikan langsung melalui zoom meeting.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie memaparkan, narasi filosopi dari ketiga Gerbang Batas yang menggambarkan budaya Tionghoa, Dayak dan Melayu (TIDAYU). Ketiga gerbang yang didanai melalui program CSR PT. Kapal Api, PT. Astra International dan Alfamart ini masing-masing diberi nama Gerbang Mahligai Pesisir, Gerbang Tama Ka’ Lawakng dan Gerbang Gap Go Meh.

“Letak ketiga Gerbang Batas tersebut berada di tiga kecamatan di Kota Singkawang. Gerbang Mahligai Pesisir di Kecamatan Singkawang Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Sambas. Gerbang Tama Ka’ Lawakng di Kecamatan Singkawang Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang. Gerbang Cap Go Meh di Singkawang Selatan yang berbatasan pula dengan Kabupaten Bengkayang sekaligus sebagai jalur utama dari Kota Pontianak menuju Kota Singkawang,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa gerbang Mahligai Pesisir didanai oleh PT Astra International melalui anak perusahaan mereka, yakni FIF Group, Astrapay dan Astra Asuransi Buana. Gerbang Tama Ka’ Lawakng di Singkawang Timur didanai oleh Alfamart dan Gerbang Cap Go Meh di Singkawang Selatan didanai oleh Kapal Api.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga berterimakasih kepada Bupati Bengkayang dan Bupati Sambas yang juga turut memberikan dukungan atas pembangunan ketiga Gerbang Batas ini. Diketahui, dana yang diperlukan untuk membangun ketiga Gerbang Batas ini bernilai Rp10 Miliar yang diperoleh dari program CSR tersebut.

“Terimakasih setinggi-tingginya kepada PT Astra, Kapal Api dan Alfamart yang membantu mebangun gerbang megah ini. Jika hanya menggunakan APBD tentu kami tidak mampu karena dana yang dibutuhkan kurang lebih Rp10 miliar. Jadi, sangat bermanfaat sekali,” ungkapnya.

Ke depannya, kehadiran ketiga Gerbang Batas ini tidak hanya menjadi sebuah bangunan yang menandakan batas antar wilayah semata. Ia berharap ketiga Gerbang Batas yang dibangun dengan desain yang unik dan menarik ini dapat memiliki nilai dan daya pikat tersendiri bagi para wisatawan serta dapat mendorong pertumbuhan perekonomian di Kota Singkawang.

Ia menambahkan pembangunan ketiga Gerbang Batas ini ditargetkan selesai dibangun pada HUT Pemerintah Kota Singkawang mendatang yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2022. Untuk itu, Ia meminta dukungan dan doa agar pembangunan ketiga Gerbang Batas ini dapat berjalan dengan lancar.

“Kita doakan bersama-sama supaya pembangunan dari ketiga Gerbang Batas ini bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Read Previous

Wakil Wakot Singkawang Imbau  Masyarakat Untuk Makmurkan Masjid

Read Next

Wabup Sanggau Hadiri Peresmian Gerreja Katolik Hati Kudus