• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 04:48

Pemda Kabupaten Sekadau Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023

Sekadau, Kalbar – Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau menggelar acara Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sekadau Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kamis (17/3).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sekadau Aron didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Mohammad Isa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalbar Junaidi, Anggota DPRD Provinsi Kalbar Muhammad, Plt Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Sekadau serta Anggota DPRD Yohanes Ayub.

Bupati Sekadau, Aron menjelaskan, bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan  sebagai amanat undang-undang tentang sistem perencanaan pembangunan nasional serta implementasi peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

“Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan setelah dilaksanakannya musrenbang desa, musrenbang kecamatan, forum konsultasi publik, dan forum perangkat daerah beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, dalam menyusun program kegiatan hendaknya benar-benar memperhatikan skala prioritas yang telah di usulkan pada musrenbang sebelumnya.

“Saya berharap kepada segenap pemangku kepentingan baik usulan dari perangkat daerah, musrenbang kecamatan maupun pokok pikiran DPRD agar dapat disusun menyesuaikan prioritas pembangunan yang dapat memberikan prioritas  yang besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya

Ia juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh aparatur pemerintah atas kinerja selama ini, walaupun disadari masih banyak kekurangan sehingga diperlukan saran dan masukan terhadap perbaikan penyusunan perencanaan pembangunan daerah.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalbar, Junaidi mengungkapkan, penyusunan rencana pembangunan setiap tahunnya merupakan sebuah langkah awal bagi setiap level pemerintahan guna mencapai target kinerja pembangunan yang telah ditetapkan.

“Guna mencapai terget dimaksud, dibutuhkan strategi dan arah kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah daerah dalam merangkul seluruh komponen masyarakat agar turut terlibat dan berpartisipasi dalam proses pembangunan. Karena, musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau  kali ini merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Sekadau tahun 2023,” tuturnya.

Ia berpesan, agar dalam penyusunan program dan kegiatan prioritas agar memperhatikan prioritas kebutuhan daerah serta diharapkan untuk diarahkan mencapai target kinerja pembangunan yang ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Sekadau.

“Tujuan dilaksanakannya Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau ini adalah untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat dari setiap tahapan musrenbang dengan proses negosiasi, rekonsiliasi serta harmonisasi antara Pemerintah dengan para pemangku kepentingan,” pesan Junaidi.

Terakhir, acara dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan bersama musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Bupati Sekadau diikuti para pemangku kepentingan di lingkungan Pemda Sekadau dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Read Previous

Kejuaraan Sepak Bola U -19 Ketapang Resmi Ditutup

Read Next

Bupati Sintang Serahkan Buku Pokok Pemakaman