• Minggu, 23 Juni 2024. Jam: 17:21

Pemda Sekadau Luncurkan 5 Aplikasi SPBE

Sekadau, Kalbar – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sekadau menggelar acara Launching Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu, (9/3).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa didampingi Kepala Dinas Kominfo Sabas, Kepala Dinas ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sandae, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sekadau Suryadi, serta Kabag Ops Polres Sekadau dan Plt. Direktur RSUD Sekadau.

Terdapat 5 aplikasi baru milik Pemerintah Kabupaten Sekadau yang diperkenalkan didalam peluncuran tersebut yang diantaranya yaitu, Portal Satu Data, Web Puskesmas, Administrasi Online Kependudukan serta Portal Database Kebun Mandiri atau Portal Tanam dan Website Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH) Versi IDLIS.

Sabas menjelaskan, bahwa Dinas Kominfo Kabupaten Sekadau melaksanakan urusan teknologi dan informasi ini dengan upaya memberikan karya terbaik dengan membangun conectivity dan berkolaborasi untuk dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan dan penyelenggaraan SPBE di Kabupaten Sekadau.

“Pada hari ini juga kami informasikan bahwa seluruh aplikasi yang dibangun dan dikembangkan merupakan hasil kolaborasi bersama OPD terkait dengan tim teknologi di Dinas Kominfo mulai dari penyusunan proses bisnis, rancang bangun aplikasi dan sampai tahap pengcodingan, serta uji coba, seluruh tahapan dilakukan secara mandiri oleh ASN Pemkab Sekadau,” jelasnya.

Selanjutnya, ia juga mengatakan, bahwa diadakannya launching aplikasi tersebut adalah untuk memperkenalkan dan percepatan penerapan layanan SPBE secara terpadu, transparan dan akuntabel dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Sekadau.

Sementara itu, Mohammad Isa mengungkapkan, kemajuan dan perkembangan teknologi informasi begitu cepat mewarnai kehidupan sehari hari termasuk penyelenggaraan Pemerintahan serta dapat menjadi peluang sekaligus tantangan khususnya untuk para ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, SPBE dapat memberikan peluang bagi peningkatan kualitas pelayanan Pemerintah kepada masyarakat dan pihak swasta melalui peningkatan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan. “Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan indeks SPBE kedepannya dan yang lebih mendasar adalah bagaimana aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan dan bermanfaat secara nyata dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, melalui penerapan SPBE secara terpadu dan menyeluruh, diharapkan dapat menciptakan birokrasi pemerintah yang integratif, dinamis, transparan, dan inovatif di kabupaten Sekadau, yang pada akhirnya masyarakat dapat merasakan keterbukaan informasi dan pelayanan publik yang terpadu, efektif dan responsif.

Tujuan dilaksanakannya, launching aplikasi SPBE tersebut adalah sebagai upaya ketaatan dan kepatuhan Pemerintah Kabupaten Sekadau terhadap Perpres No 95 Tahun 2018 yang mengatur tentang penyelenggaraan layanan SPBE dan penerapan aplikasi SPBE.

Read Previous

Setda Mempawah Gelar Sosialisasi SAKIP

Read Next

Wali Kota Singkawang Serahkan Bantuan pada  22 KPM