• Selasa, 16 April 2024. Jam: 04:07

Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Bengkayang Sukses Digelar

Bengkayang, Kalbar – Peserta Duta Budaya berbagai SMA/Sederajat, dan Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Bengkayang dan diluar Kabupaten Bengkayang, Sebanyak 18 orang dg rincian peserta Putri sebanyak 12 orang dan Putra sebanyak 6 orang, Dari hasil seleksi terdapat beberapa tahapan yaitu pemilihan enam besar, kemudian 3 besar dan Grand Final.

Dalam kesempatan tersebut, bupati mengatakan bahwa setelah kegiatan ini saya mengundang saudara/i agar hadir di kabupaten Bengkayang dikegiatan Event “Hai Bengkayang” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 28 Desember – 8 Januari 2023 banyak kegiatan akan di laksanakan disana diantaranya UMKM kuliner, Live Event, DJ Performance, Live Music, dll juga akan ada fashion show untuk Bupati/istri, Wakil Bulati/istri, Pj Sekda/istri serta Para Kepala OPD/istri yg akan dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2022, dimalam hiburan rakyat bertempat di Halaman Kantor Bupati Bengkayang Ujarnya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Bengkayang memiliki 156 tempat wisata baik dataran tinggi, riam, pantai, pulau dll, Bengkayang juga akan memiliki hotel bintang 5 di Pantai Samudera Indah, sungguh Hebat dan Mantap kabupaten Bengkayang ujarnya.

Dia mengatakan, Kabupaten Bengkayang adalah Taman Mininya Indonesia Indah karena berbagai suku, adat dan budaya ada di kabupaten Bengkayang baik suku Dayak, Jawa, Bugis, Tionghoa, Melayu, NTT, Bali, Sunda, Batak dll semuanya ada di Kabupaten Bengkayang. Yang patut kita jaga adalah Toleransi dan Kolaborasi agar Bengkayang menjadi Kabupaten toleransi ditingkat Nasional dan ditingkat Provinsi, mari kita jaga kerukunan dan saling mengenal budaya.

“Jangan kita lari dari budaya, dan jangan terpengaruh oleh budaya luar, kita boleh bermedsos namun medos itu bisa kita gunakan untuk ajang promosi untuk kabupaten Bengkayang ke tingkat provinsi, Tingkat Nasional bahkan di Mancanegara,” terangnya.

Menurutnya, saat ini banyak generasi muda kita udah lupa apa itu? Barape’ Sawa’, Apa Itu Naik Dango, apa itu Maka’ Dio, Apa itu Nyobeng, apa itu Gawea Soak di Jagoi Babang, termasuk Nyobeng di desa Medeng, ada juga ngarante sawa, di lumar.

“Semua itu hal yang wajar saja, namun saya berpesan kepada kita semua yg hadir di tempat ini untuk tidak melupakan ada istiadat yang saya sampaikan tadi, promosikan dan kita branding jadikan provit/uang wisata budaya yang ada,” katanya.

Diketahui, bahwa Kabupaten Bengkayang menerima juara 1 Anugerah Pesona Indonesia yaitu Riam Parangek, juara 1 Anugerah Indonesia wisata Air adalah pulau Lemukutan.

“Ke depan akan kita tingkatkan lagi, mudahan kedepan kita akan mengundang Menteri Pariwisata ekonomi kreatif, bapak Sandiaga Uno untuk datang ke Kabupaten Bengkayang,” harapnya.

“Saya apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga, kegiatan seperti ini akan kita jadikan agenda daerah, Sebagai penutup saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh pemenang “Ayo datang ke Bengkayang”, “Budaya Tumbuh Ekonomi Bangkit dan Bengkayang Mantap,” sambungnya.

Pemenang Duta Budaya Kabupaten Bengkayang Tahun 2022:

Kategori Putri :

1. Meysi Putri (Juara I Putri)

2. Patricia Maresti Nera (Runner up I)

3. Jesica Rosita (Runner Up II)

Kategori Putra :

1. Jakius Beni (Juara I Putra)

2. Silvanus Boyke (Runner-up I)

3. Marck Christovel Hesa Piero (Runner up II)

Kategori Peserta Berbakat Putra/Putri :

1. Rilis Zulien Anggraeni (Putri)

2. Jakius Beni (Putra)

Parade Budaya :

1. MABM juara I

2. Flomamora Juara II

3. SMKN 1 Samalantan Juara III.

Read Previous

700 Peserta Alumni SMPN 2 Pontianak Ikuti Gowes

Read Next

Kendaraan ODOL Rusak Infrastruktur Jalan