• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 07:37

Pemkab Kapuas Hulu Serahkan Bantuan Alat Pertanian

Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyerahkan secara simbolis bantuan alat pertanian dan perkebunan kepada 4 Kecamatan yang ada di kabupaten Kapuas Hulu diantaranya Kecamatan Mentebah, Bunut Hulu, Pengkadan serta Kecamatan Silat Hilir, kegiatan tersebut dilaksanakan di aula kecamatan pengkadan, Jumat (1/4) Siang.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan, Sustainable Agricultural Supply Chain In Indonesia (SASCI)/rantai pasok pertanian berkelanjutan merupakan sebuah proyek dalam kerangka kerjasama teknis antara pemerintah republik federal jerman dengan pemerintah republik indonesia yang diwakili oleh direktorat jenderal perkebunan, kementerian pertanian.

“Proyek SASCI mempunyai tujuan utama untuk membangun rantai pasok produk pertanian berkelanjutan dan bebas deforestasi untuk bahan baku terbarukan di pasar global,” ungkapnya.

Ia mengatakan, salah satu dukungan SASCI yaitu mendukung petani karet dan sawit mandiri dalam rangka meningkatkan produktifitas dan kapasitas pekebun berupa pelatihan dan bantuan peralatan. Bantuan ini merupakan kerjasama pemerintah kabupaten kapuas hulu dengan GIZ SASCI sebagai mitra pembangunan, yang didanai oleh kementerian federal Jerman untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan (BMZ).

“Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas pekebun, serta mendorong terwujudnya pertanian yang berkelanjutan, kabupaten yang kreatif dan ramah investasi sebagaimana visi-misi bupati kapuas hulu,” tutur Diaan.

Ia mengatakan, akan menyerahakan bantuan tersebut kepada empat kelompok tani aktif di kecamatan Mentebah, Bunut Hulu dan Pengkadan, serta 250 pekebun sawit swadaya di kecamatan Silat Hilir.

“Semoga dengan bantuan ini dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian dan perkebunan serta meningkatkan perekonomian petani. pemerintah kabupaten Kapuas Hulu akan selalu bersinergi dengan berbagai masyarakat yang ada. Akan berupaya meningkatkan dan meratakan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Kapuas Hulu,” pungkasnya.

Read Previous

Peringati HUT Sanggau, Yohanes Ontot Ziarah Makam Pangsuma

Read Next

Sutarmidji Apresiasi Jamaah shalat tarawih Patuhi Prokes