• Senin, 27 Mei 2024. Jam: 20:19

Pemkab Landak Gelar Lomba Festival Tari Tradisional Jonggan

Landak, Kalbar –  Pemerintah Kabupaten Landak menggelar Lomba Festival Tari Tradisional Jonggan dalam rangka HUT Ke-24 Kabupaten Landak tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 6-8 Oktober 2023 dan dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Landak, Samuel, SE, M.Si, serta ditutup oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Landak, Theresia Limawardani, yang mewakili Pj. Bupati Landak. Acara ini diselenggarakan di Halaman Belakang Kantor Bupati Landak pada Minggu, (8/10).

Turut hadir Ketua Komisi A DPRD mewakili Ketua DPRD Kabupaten Landak, Forkopimda Kabupaten Landak atau yang mewakili, Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Landak, para Asisten Sekda Landak, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Landak, Pimpinan Bank Kalbar Cabang Ngabang, Forkopimcam Ngabang, para peserta lomba tari festival jonggan, dan para tamu undangan lainnya.

Pada pembukaan kegiatan ini, Pj. Bupati Landak Samuel mengapresiasi panitia yang telah menggagas dan menyelenggarakan lomba ini bekerjasama dengan EO sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT Ke-24 Pemerintah Kabupaten Landak.

“Dilaksanakannya festival tradisional jonggan ini adalah upaya kita untuk melestarikan seni tradisional yang merupakan aset warisan budaya tak benda daerah kita. Kesenian jonggan ini harus kita jaga dan lestarikan agar tidak punah,” ungkap Samuel.

Samuel juga menekankan pentingnya acara ini sebagai upaya untuk memperkenalkan kesenian jonggan kepada generasi muda sehingga budaya ini tetap hidup dan berkembang.

“Kesenian jonggan telah ada sejak zaman nenek moyang kita. Kami berharap kesenian ini akan terus hidup dan tidak terlupakan. Festival seperti ini adalah salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan kesenian jonggan serta untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta dalam seni ini,” tambahnya.

Pj. Bupati Samuel juga menyatakan harapannya bahwa acara ini dapat menghibur masyarakat di Kabupaten Landak, terutama yang berada di Kota Ngabang, serta berjalan dengan lancar.

“Marilah kita semua mendukung dan meriahkan acara ini agar semakin meriah. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk menghibur masyarakat dan pada saat yang sama, melestarikan budaya kesenian jonggan,” tutup Samuel.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekda Landak, Theresia Limawardani, menjelaskan bahwa festival kesenian tradisional jonggan adalah salah satu bentuk pelestarian adat dan budaya serta pengembangan budaya bagi seluruh masyarakat Kabupaten Landak.

“Ikut mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendukung sanggar-sanggar seni di Kabupaten Landak, baik di sekolah maupun yang bersifat umum,” ungkap Theresia.

Berikut adalah daftar pemenang Lomba Festival Tari Tradisional Jonggan dalam rangka HUT Ke-24 Kabupaten Landak Tahun 2023:

Kategori SD:

Juara 1: SD Maniamas

Juara 2: SDN 07 Mentonyek

Juara 3: SDN 02 Ngabang

Harapan 1: SDN 10 Ngabang

Kategori SMP:

Juara 1: SMPN 01 Ngabang

Juara 2: SMP Maniamas

Juara 3: SMPN 02 Ngabang

Kategori SMA/UMUM:

Juara 1: Gereja Katolik Stasi Santo Agustinus Hippo

Juara 2: SMKN 1 Ngabang

Juara 3: Tampukng Tawar Lagon

Harapan 1: SMAN 01 Ngabang (TIM A)

(Diskominfo Kab. Landak)

Read Previous

Pj Bupati Romi Wijaya Melepas 25 Jamaah Umrah KKU

Read Next

Pj Bupati Landak Buka Pekan HUT ke-24 Kabupaten Landak