• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 09:09

Pemkab Singkawang Lakukan Pertemuan  Bersama Konjen RI

Singkawang, Kalbar – Pemerintah Kota Singkawang melakukan pertemuan dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Indonesia (RI) wilayah Kuching, Sarawak dan Malaysia bersama rombongan Pemerintah Kota Miri – Sarawak di Rumah Jabatan Wali Kota, Sabtu (1/10) malam. Hal ini ditandai dengan penandatangan kehendak kerjasama oleh kedua belah pihak, yaitu Pemerintah Kota Singkawang dan Pemerintah Kota Miri.

“Tujuan kedatangan kami untuk menyampaikan undangan dari Pemerintah Daerah Miri, yang merupakan tindaklanjut upaya untuk menjadikan Friendship City antara Miri dan Singkawang,” ujar Raden Sigit Witjaksono, Konjen RI wilayah Kuching, Sarawak dan Malaysia.

Ia mengatakan Kota Miri merupakan kota kedua terbesar yang berada di timur laut Sarawak yang mendapat predikat “Bandaraya Peranginan.” Sigit berharap kerjasama dari kedua belah pihak mendatangkan manfaat bagi masyarakat, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, budaya dan lainnya.

“Mudah-mudahan potensi Kota Miri sejalan dengan potensi Kota Singkawang bisa berlanjut pada kerjasama yang nantinya memberikan manfaat pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, budaya dan lain-lainnya. Tentunya, bermanfaat bagi masyarakat di kedua kota ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan kedua belah pihak akan melakukan kunjungan timbal balik untuk mendorong kerjasama yang bermanfaat bagi kedua kota tersebut. Adapun yang menjadi penekanannya adalah untuk mempromosikan kemakmuran dan perkembangan kedua kota melalui kerjasama yang dibangun. Pernyataan kehendak kerjasama ini mulai berlaku pada tanggal 01 Oktober 2022 dan berlaku hingga 5  tahun.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyambut baik kedatangan Konsulat Jenderal (Konjen) RI wilayah Kuching, Sarawak dan Malaysia beserta rombongan Pemerintah Kota Miri di Kota Singkawang. Ia berharap terbentuknya Friendship City antara Kota Singkawang dan Kota Miri membawa manfaat di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, budaya dan lainnya.

“Tentunya, kita berharap dengan pertemuan malam ini bisa menjadi dasar untuk kedua belah pihak untuk bekerjasama dalam banyak hal, terutama dalam sektor pariwisata. Ini menjadi suatu langkah yang luar biasa bagi Kota Singkawang dan Kota Miri untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan Kota Singkawang dan Kota Miri,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Tjhai Chui Mie mempromosikan berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi sambil menikmati keindahan suasana Kota Singkawang oleh Konjen RI bersama rombongan Pemerintah Kota Miri.

“Saya harapkan sebelum Bapak dan Ibu kembali bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Singkawang. Sambil berkunjung sambal wisata kuliner. Di Singkawang Selatan sekarang ada Festival Durian dan makan choi pan di kawasan bangunan cagar budaya Rumah Marga Tjia,” ujarnya.

Read Previous

Air Terjun Batu Ninin, Wisata Primadona Kecamatan Tempunak

Read Next

Rangkaian Acara Bulan Kitab Suci Nasional Ditutup