• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 09:17

Pemkot Singkawang Terima Hibah Tanah Dari KPK RI

Singkawang, Kalbar – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang menerima hibah tanah dari KPK RI yang berlokasi di Kelurahan Sedau seluas 12.622 meter persegi. Pada kegiatan Sosialisasi Penyerahan Aset Rampasan Negara Hasil Tindak Pidana Korupsi oleh KPK melalui hibah kepada Pemerintah Kota Singkawang, Senin (11/4).

Terkait pelaksanaan hibah berupa tanah, selama ini Pemkot Singkawang berpedoman pada Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah. Di mana tertuang pada pasal 1 angka 23 PMK 145/2021, Hibah yang dimaksud merupakan pengalihan kepemilikan Barang Rampasan Negara dan Barang Gratifikasi dari Pemerintah {usat kepada Pemerintah Daerah atau kepada pihak lain tanpa memperoleh penggantian.

Adapun aset yang dihibahkan KPK RI melalui Direktur LABUKSI KPK RI, Mungki Hadipratikto kepada Pemkot Singkawang adalah sebidang tanah yang terletak di Desa Sedau, Kecamatan Tujuh Belas Bengkayang dengan luas 1,2 Ha beserta sertifikat kepemilikan tanah dan tanah tersebut merupakan aset sitaan KPK dalam menangani kasus tindak pidana korupsi.

Tjhai Chui Mie mengungkapkan, dengan adanya penyerahan aset berupa tanah ini dapat digunakan optimal oleh Pemerintah Kota Singkawang untuk mendukung penyelenggaraan kepentingan umum.

“Sekali lagi, saya mengucapkan terimakasih kepada KPK RI yang telah menginisiasi kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan manfaat kepada seluruh stakeholder dan Pemkot Singkawang,” ujarnya.

Maka dari itu, ia meminta, kepada kepala OPD terkait untuk melengkapi dokumen hibah sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk menghindari permasalahan hukum.

Sebagai tindak lanjut, Ia mengatakan, perlu adanya sinergitas dan koordinasi antara Pemkot Singkawang dan Badan Pertanahan Nasional Kota Singkawang pada proses penerbitan sertifikat menjadi hak pakai bagi Pemkot Singkawang.

“Jika semua pekerjaan dilaksanakan sesuai prosedur dan masih dalam koridor ketentuan yang berlaku, jangan khawatir. Karena KPK RI hadir untuk berkolaborasi dengan Pemkot Singkawang untuk mencegah adanya kerugian negara dan mewujudkan komitmen bekerja secara profesional demi mewujudkan Singkawang Hebat,” pungkasnya.

Read Previous

Pemkab Sambas Serahkan Hibah Pada Pengurus Masjid Nurul Yaqin

Read Next

Polnep Pontianak Lakukan Penawaran Kerjasama Pada Pemkab Ketapang