• Senin, 17 Juni 2024. Jam: 14:11

Pengurus DPD POM Sintang Dilantik

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Orang Melayu (POM) Kabupaten Sintang periode 2022-2025, yang dilaksanakan di Rumah Adat Melayu Tepak Sirih Kabupaten Sintang, Sabtu, (26/3) Malam.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, bahwa keberadaan melayu itu tersebar diberbagai tempat dan Melayu dikenal dengan persatuan dan orang melayu pun sudah tersebar diberbagai tempat, ada di Malaysia, di Riau, di Padang dan di Kalimantan.

“Diberbagai tempat semuanya ada orang melayu, bahasa Indonesia juga berasal dari Bahasa melayu, kita pergi kemana saja seperti ke Malaysia, Riau dan didaerah mana saja, bahasanya kurang lebih bahasa Melayu dan juga orang melayu dikenal gemar hidup rukun cinta damai dan persatuan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa Kabupaten Sintang merupakan Kabupaten yang memiliki beragam suku bangsa, diharapkan Melayu yang ada di Sintang dapat menjadi motor penggerak persatuan dan kesatuan umat melayu bisa menjadi unsur utama pemersatu di Kabupaten Sintang yang mampu merawat keberagaman di Sintang.Sebab, di Sintang mayoritas suku dayak, ada juga suku Jawa, Bugis, Padang, NTT, semuanya ada, sehingga hendaknya Melayu mampu menjadi motor penggerak persatuan dan kesatuan di Sintang.

Selain itu, ia mengatakan, bahwa kepengurusan Persatuan Orang Melayu Kabupaten Sintang diharapkan mampu menjadi media penengah. “Kita ketahui bersama, di Sintang tidak ada konflik beda suku bangsa, beda agama, beda mata, beda kulit, beda rambut, itu tidak ada, yang ada hanyalah ketika tidak diperlakukan adil, maka saat ini kita harus membela memberikan keadilan siapapun juga harus kita bela nantinya, mana saja kita bantu, kita bela, perjuangkan, perlakukan secara adil, dan tugasnya adalah sebagai media penengah,” jelas Jarot.

Tak hanya itu, Jarot juga mengajak untuk merawat serta menjaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Sintang, dengan merawat keberagaman di Kabupaten Sintang. Suku Melayu itu banyak organisasi, untuk itu dirangkul melalui organisasi melayu yang ada, untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan, demikian juga dengan suku bangsa yang lain.

“Mari bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan di Bumi Senentang ini, serta saya ucapkan terimakasih kepada pengurus yang lama, dan selamat kepada pengurus yang baru semoga mampu mengemban tugas dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Aldi Sofiandi menjelaskan, bahwa Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-I sekaligus juga Pelantikan Kepengurusan DPD POM Sintang ini mengangkat tema wadah penyeimbang spiritual dan intelektual generasi Melayu di Bumi Senentang.

“Tujuan tema ini diangkat untuk menunjukkan bahwa DPD POM Sintang dengan kepengurusan barunya dapat memberikan nafas baru, nafas sinergitas, kolaborasi, serta kerjasama dengan seluruh instansi dan organisasi masyarakat lainnya,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya Musda dan Pelantikan kepengurusan DPD yang baru ini puak melayu, generasi melayu di Sintang. “Semoga  ke depannya dapat membantu serta berkolaborasi dengan Pemerintah demi terciptanya Bumi Senentang yang damai dan aman,” harapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Orang Melayu (DPD-POM) Sintang terpilih, periode 2022-2025, Safri Judiardi menyampaikan, dengan kepengurusan yang baru dipimpinnya memiliki harapan dan cita-cita untuk saling bersinergi dan berkolaborasi.

“Kami bercita-cita menjadi bagian dari orang-orang berintelektual untuk bersama-sama memajukan Sintang melalui spiritual dan generasi budaya melayu, sesuai dengan tema apa yang diusung pada kegiatan Musyawarah Daerah ke-1 dan pelantikan kepengurusan kali ini,” pungkas Safri.

Read Previous

GenBI Kalbar Gelar GP4K di Desa Sijang

Read Next

Klinik ‘Asyiyah Sintang Mulai Beroperasi