• Jumat, 12 April 2024. Jam: 07:05

Penjabat Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H Mengajak Instansi Pemerintah dan Swasta Bayar Zakat ke BAZNAS

Sanggau, Kalbar – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka sosialisasi zakat, infaq da sedekah di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal serta BUMN/BUMD/BUMS yang berlangsung di aula BAZNAS Sanggau, Kamis (29/02).

Hadir Ketua BASNAS Provinsi Kalbar, Uray M. Amin, Ketua BAZNAS Kabupaten Sanggau, Hamka Surkati, Asisten III Setda Sanggau, H. Burhanuddin, Staf Ahli Bupati Sanggau, Rizma Aminin, Instansi Vertikal dan Perwakilan OPD, BUMN/BUMD/BUMS dan pihak perbankan.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H mengapresiasi sosialisasi zakat, infaq dan sedekah yang diselenggarakan BAZNAS Kabupaten Sanggau.

“Harapan kami dengan diadakannya kegiatan ini dapat memotivasi para pengurus unit pengumpul zakat Dinas/Instansi, BUMN/BUMD/BUMS untuk menghimpun dana zakat, infaq dan sedekah dan menyerahkannya kepada BAZNAS sebagai lembaga resmi dan berwenang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat, infaq dan sedekah kepada yang berhak menerima dalam rangka membantu pemerintah menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan umat dan masyarakat,” ucap Pj. Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H.

“Saya minta instansi pemerintah bayar zakat ke BAZNAS sebagai lembaga resmi yang dibentuk pemerintah berdasarkan Undang-undang,” katanya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sanggau, Suherman, S.H., M.H juga memberikan apresiasi atas keterlibatan BAZNAS dalam menurunkan angka stunting yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Tadi disampaikan ke saya bahwa BAZNAS Kabupaten Sanggau membantu menangani stunting untuk 12 orang anak. Oleh karena itu, saya atas nama Penjabat Bupati dan Pemerintah Kabupaten Sanggau mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada BAZNAS yang ikut serta menangani stunting,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kabupaten Sanggau Hamka Surkati menyampaikan bahwa BAZNAS sebagai lembaga resmi pengumpul dan pendistribusian zakat, infaq dan sedekah berkomitmen untuk selalu bersinergi membantu pemerintah daerah. Salahsatunya adalah mengatasi persoalan stunting.

“Ada 12 anak stunting yang kami tangani kami bantu asupan gizinya agar tumbuh kembangnya semakin baik,” kata Hamka.

“BAZNAS Sanggau juga seperti tahun-tahun sebelumnya bekerjasama dengan pemerintah daerah menggelar Safari Ramadhan dan berbagi kepada kaum duafa dan fakir miskin selama Safari Ramadhan berlangsung,” sambungnya.

“Kami juga sudah melakukan bedah rumah yang kita sebut Rumah Tak Layak Huni (RTLH), salahsatunya di Tayan Hilir yang hari ini masih tahap finising. Dan kita juga sudah berikan beasiswa dari tingkat SD sampai SMA dan ada dua beasiswa untuk mahasiswa. Ada juga bantuan UMKM sebanyak 40 UMKM berupa peralatan produksi usaha mereka,” pungkasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sanggau melalui Kepala Seksi Pondok Pesantren dan Diniyah, H. Nasri menyampaikan apresiasi kepada BAZNAS atas dilaksanakannya sosialisasi zakat, infaq dan sedekah ini.

“Kami dari Kemenag dengan beberapa penyuluh yang ada di lapangan terus memberikan sosialisasi pentingnya UPZ untuk mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah,” kata Nasri.

Dengan hadirnya BAZNAS ini diharapkan mampu membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dana-dana yang kita kumpulkan dari Muzakki apabila kita kelola dengan baik maka insyallah dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” pungkasnya.

Read Previous

Resmikan Jembatan Berkemjuan ke-48, Bupati Satono harap Solidaritas serta Sinergitas Masyarakat bersama Pemda Sambas

Read Next

Kasubbag Umum dan Aparatur Bersama Ketua Tim Kerja Kesling Hadiri Musrenbang di Kecamatan Seberuang