• Senin, 15 April 2024. Jam: 11:49

PJ Bupati Sanggau Ikuti Ritual Adat Pedagi Macan Lojangk

Sanggau, Kalbar – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H mengikuti Ritual Adat Pedagi Macan Lojangk. Kegiatan ini masih merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke – 408 Kota Sanggau Tahun 2024, dengan tema “Sanggau Kolaboratif, Satu Cita Maju Bersama”. Kegiatan dilaksanakan di Dusun Borang, Desa Kambong, Kecamatan Kapuas. Selasa (26/3).

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Sanggau, Suherman menyampaikan bahwa Pedagi Macan Lojangk ini ditetapkan sebagai salah satu situs yang harus dikunjungi pada saat hari jadi Kota Sanggau maka konsekuensinya adalah kita harus menjaga dan memeliharanya.

“Oleh karena itu hal ini jangan sampai putus jangan sampai misalnya yang 408 ini adalah menjadi yang terakhir, tapi kita harus turun menurun kepada generasi penerus kita harus kita lestarikan,” pungkasnya.

“Nah mengenai penataan situs di sini, sudah disampaikan dan kita sempat diskusi sebentar di sini dan sudah disampaikan tentunya nanti akan di lokalisirlah kira-kira seperti itu agar tertata,” sambungnya.

Selanjutnya Ia menyampaikan bahwa untuk desa dalam jangka pendek perlu dibuatkan SKT, bila perlu diberi patok di beberapa titik dan diberi plang.

“Sekarang kita berkata bahwa ini tidak bisa di eksploitasi. sekarang kita bisa bilang akan kita jaga siapa yang nebang dihukum adat, tetapi nanti untuk turun temurun saya rasa ini perlu mendapatkan suatu perlindungan secara legalitas agar tidak dapat di eksploitasi ke depannya,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya Pj. Bupati Sanggau, Suherman berpesan kepada masyarakat di Dusun Borang untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban.

“Saya berpesan tolong jaga keamanan jaga toleransi jaga keharmonisan antar suku antar umat beragama,” pesannya.

Penulis    : Yosafat Liunome Editor     : E.A.Lusy

Read Previous

Bupati Satono Harap Sambas lebih berkah

Read Next

Dishub Laksanakan Pengawalan dan Pemanduan Jalan Safari Ramadhan