• Rabu, 15 September 2021. Jam: 01:10

Pjs Bupati Hadiri Dakwah Wisata Lintas Borneo BKMT

Sintang, Kalbar – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang, Florentinus Anum menghadiri pembukaan dakwah wisata Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Lintas Borneo, di Rumah Adat Melayu Tepak Sireh Jalan YC. Oevang Oeray Sintang, Kecamatan Sintang, Jumat (20/11). Kabupaten Sintang merupakan tuan rumah pelaksana.
Kegiatan yang mengusung tema ‘menguatkan aqidah, memperkokoh ukhuwah. Meneguhkan Da’wah Ilalloh Menuju Ummatan Waahidah’ ini dibuka secara virtual melalui zoom aplikasi oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kalbar, Alfian Salam, yang mewakili Gubernur Kalbar.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kalbar, Alfian Salam, yang mewakili Gubernur Kalbar, dalam arahannya saat membuka Dakwah Wisata BKMT Lintas Borneo secara virtual menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalbar menyambut baik dan apresiasi BKMT Kalbar, yang bisa menyelenggarakan Dakwah Wisata Lintas Borneo. Mengingat BKMT merupakan pusat pembinaan umat, tentunya memiliki peran penting dalam pembinaan umat khususnya di Kalbar. “Lewat BKMT inilah banyak peran yang bisa dimainkan, diantaranya berperan sebagai pusat pendidikan nonformal keagamaan. BKMT sebagai organisasi independen, dimana keanekaragaman disatukan di dalamnya,” kata Alfian.

Selain itu, lanjut Alfian, BKMT merupakan bagian dari lingkungan sosial yang memiliki kedudukan strategis sebagai wahana pendidikan yang senantiasa berusaha dan berupaya, berikhtiar menanamkan akhlaq mulia. Meningkatkan ketaqwaan pengetahuan dan kecakapan sebagai upaya mencerdaskan dan memajukan kesejahteraan umat, untuk mencari serta mengharapkan keridhoan Allah Subhanahu wa ta’al. “BKMT tentunya diharapkan menjadi pelopor persatuan dan kesatuan, pelopor persaudaraan. Tentunya juga sebagai pelopor dalam membangun umat,” harap Alafian.

Selain membawa misi dakwah, kata Alfian, BKMT diharapkan mampu meningkatkan peran kaum perempuan secara khusus, dengan mengedepankan tugas – tugas kodrat sebagai perempuan. Baik sebagai istri maupun sebagai ibu untuk mendidik anak – anaknya.
“Jadikan BKMT sebagai ladang amal untuk bekerja dengan penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membina majelis taklim di bawahnya. Sehingga dapat menjadi wadah pembinaan umat yang dikelola sunguh – sunguh dengan mengedepankan pembentukan akhlaq, perilaku yang sesuai dengan norma, nilai dan adat istiadat,” pesan Alfian.

Melihat perkembangan kemajuan era teknologi yang dihadapi saat ini, Alfian mengharapakan, BKMT dapan meningkatkan kemampuan dan perannya agar keberadaan bisa bermanfaat lebih luas bagi masyarakat. Tentu lebih jauh diharapkan BKMT bisa membawa kesejukan dan semangat cinta damai dalam kehidupan masyarakat. “Untuk itulah pada segenap pengurus dan anggota BKMT tentu sudah selayaknya dapat senantiasa memaknai peran dan tanggung jawab sebagai pengurus, yang memiliki kedudukan strategis agar tercipta sinergisitas dalam mengemban amanah. Sehingga program dan kegiatan yang direncanakan dapat berjalan baik, bermanfaat serta bernilai ibadah,” ucap Alfian.

Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum menyampaikan, sebagai pemerintah daerah dan tuan rumah pelaksana, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Dakwah Wisata Badan Kontak Majelis Taklim Lintas Borneo. Meskipun sejumlah rangkaian kegiatan harus dilakukan secara virtual. Dimana para peserta tidak semua bisa hadir secara langsung. Termasuk acara seremonial pembukaan ini juga dilakukan secara virtual.

“Saya juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setulus-tulusnya pada panitia pelaksana yang telah melaksanakan sebagian kegiatan ini secara virtual. Karena ini merupakan upaya dan komitmen kita semua untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19, khususnya di Kabupaten Sintang, dan umumnya Provinsi Kalimantan Barat,” kata Anum.

Read Previous

Biaya Pembangunan Gereja Katolik Keluarga Kudus Pandan Rp 3,7 Miliar

Read Next

Rakor Pilkada, Anum Ingatkan KPU Sintang