• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 07:57

Program Revitalisasi Pasar Beringin Akan Dilaksanakan

Singkawang, Kalbar – Walikota Singkawang bersama Direktur PT Rezeki Timur Laut menandatangani perjanjian pemanfaatan tanah serta pemberian hak guna bangunan di atas tanah hak pengelolaan milik pemerintah untuk program Revitalisasi Pasar Beringin yang dilaksanakan di TCM Room, Selasa (19/4).

Prosesi penandatanganan disaksikan secara langsung oleh Ketua DPRD, Ketua Komisi I, Ketua Komisi III, Sekda serta disaksikan secara daring oleh pihak investor PT Rezeki Timur Laut.

Walikota Singkawang,  Tjhai Chui Mie menyampaikan, ucapan  terimakasih kepada PT Rezeki Timur Laut selaku investor yang berkenan membantu program revitalisasi pasar beringin yang berada di kawasan Pasar Hongkong. Program revitalisasi pasar beringin ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Singkawang dengan menghadirkan infrastruktur pasar di mana tampilan fisik serta kondisi pasar diperbaharui dan tertata dengan rapi.

“Kita akan sosialisasikan kembali tahapan revitalisasi pasar beringin ini kepada para pedagang. Tentu, kita harapkan apa yang kita lakukan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini bisa terlaksana dengan baik dengan adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat dan juga para stakeholder,” ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya revitalisasi pasar beringin ini juga akan berpengaruh pada perkembangan yang berpotensi pada peningkatan perekonomian masyarakat dimana diharapkan pasar beringin yang baru ini bisa menjadi pusat wisata kuliner di Kota Singkawang. Sementara itu, para pedagang akan menempati pasar sementara yang telah ditetapkan selama proses revitalisasi pasar berlangsung.

Komisaris Utama PT Rezeki Timur Laut, Sarkawi Lim mengatakan, bahwa pasar yang lekat dengan sejarah Kota Singkawang ini memiliki potensi besar. Namun, kondisinya yang kotor dan tidak tertata dengan baik menimbulkan keprihatinan yang mendasari para investor untuk berinvestasi membangun pasar ini menjadi tempat yang nyaman untuk berbelanja

“Beberapa waktu kemarin kami sempat melakukan survei untuk melihat kondisi Pasar Beringin. Kami menemukan bahwa kondisi pasar saat itu tidak tertata dengan baik dan bau membuat kami prihatin,” tuturnya.

Ia berharap, melalui program revitalisasi ini kondisi pasar Beringin menjadi lebih baik. Sehingga dapat menjadi salah satu spot di Kota Singkawang yang memiliki daya tarik wisata dan menjadi ikon kebanggaan bagi masyarakat Kota Singkawang.

“Jadi masyarakat yang datang ke lokasi tersebut bisa berbelanja sambil bersantai dan menikmati kondisi pasar yang baru, bersih, dan tertata dengan baik,” pungkasnya.

Read Previous

Kepala Dinkes Pontianak Akui Angka Covid Turun Drastis

Read Next

Peringati Kartini, Organisasi Perempuan Ziarah Ke Makam