• Selasa, 16 April 2024. Jam: 04:57

Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Kayong Utara Dimulai

Sukadana, Kalbar– Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Rene Reinaldy, mewakili Pj. Bupati menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Kayong Utara di Hotel Mahkota Kayong, Sukadana, Kamis (29/2).

Kegiatan ini memaparkan hasil rekapitulasi suara yang disampaikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari seluruh kecamatan di Kayong Utara. Rapat pleno tingkat Kabupaten ini berlangsung selama dua hari, 29 Februari – 1 Maret 2024.

“Hari ini agenda rapat pleno pembacaan rekapitulasi untuk seluruh TPS di Kayong Utara yang dibacakan oleh PPK Kecamatan masing-masing,” kata Abdul Khoir, Komisioner KPU Kayong Utara.

Hasil rekapitulasi ini merupakan hasil pemilu yang direkapitulasi oleh PPK pada tanggal 18-23 Februari 2024.

Khoir menambahkan, hingga saat ini KPU Kayong Utara belum menerima laporan gugatan (sengketa) hasil pemilu dari partai politik atau peserta calon legislatif.

“Masalah gugatan belum kami monitor, karena seharusnya disampaikan ke Bawaslu. KPU tidak menerima gugatan/sengketa. Gugatan/sengketa harusnya ke Bawaslu atau mungkin MK,” tuturnya.

Khoir menegaskan, pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten ini belum bisa menentukan nama-nama legislatif yang dipastikan akan duduk di kursi DPRD.

“KPU harus melewati proses dari KPPS (14 Februari) ke PPK, Kabupaten, Provinsi, sampai Nasional. Di tahap Nasional, perolehan suara partai dihitung terlebih dahulu. Penetapan siapa yang duduk di kursi DPRD belum dilakukan,” papar Khoir.

“Setelah registrasi di Mahkamah Konstitusi dan tidak ada gugatan dari daerah, seperti Kabupaten Kayong Utara, barulah KPU diperbolehkan menetapkan atau menyampaikan hasil tersebut, siapa saja caleg yang berhasil menang atau duduk di kursi DPRD tersebut,” pungkas Khoir.

Secara terpisah, Pj. Bupati Kayong Utara Romi Wijaya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas dan keamanan selama proses rekapitulasi berlangsung.

Romi berharap, semua pihak dapat menerima hasil rekapitulasi dengan lapang dada dan mengedepankan semangat demokrasi.

“Mari kita jaga bersama kondusifitas dan keamanan selama proses rekapitulasi ini berlangsung. Saya harap semua pihak dapat menerima hasil rekapitulasi dengan lapang dada dan mengedepankan semangat demokrasi,” kata Romi.

Pewarta: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara (Prokopim Setda KKU)

Read Previous

Kadishub Menghadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Tingkat Kabupaten Kapuas Hulu

Read Next

Proyeksikan Kerangka Ekonomi Makro Kota