• Senin, 8 Maret 2021. Jam: 17:18

Sintang Masih Kekurangan Banyak Guru

Sintang, Kalbar – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menyatakan,
Kabupaten Sintang hingga kini masih kekurangan guru di semua level pendidikan sekitar 2.000 orang. Pada tahun 2020, ada 160 orang guru yang pensiun. Sementara rekrutmen guru hanya sekitar 80 orang, pada 2 tahun terakhir. Mengangkat guru kontrak sudah dilarang. Hanya ada guru dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dengan jumlah yang sedikit. Tenaga pendidik akan tetap diperlukan sampai kapanpun. “Jadi saya berharap selesai kuliah nanti, bisa kembali ke Sintang dan mengabdi di Sintang,” tambah Yustinus J.
Pemkab Sintang mendukung kegiatan magang dan KKM yang dilakukan oleh IKIP PGRI Pontianak. “Sejak awal memang kami sudah memberikan masukan agar mahasiswa asal Sintang bisa melakukan magang dan KKM di Sintang. Harapan kami, mahasiswa menjadi mudah beradaptasi, karena sudah mengenal karakter siswa dan masyarakatnya,nserta membangun daerahnya sendiri,” katanya. Hanya saja, sekolah di Kabupaten Sintang belum melakukan belajar dengan tatap muka dan belajar secara online akibat pandemi covid-19.

“Kebanyakan sekolah mengambil kebijakan, hanya mengumpulkan siswa pada hari tertentu. Saya berharap kondisi ini tidak mematahkan semangat mahasiwa yang akan magang. Tapi justru memberikan motivasi untuk berinovasi serta menggunakan teknologi informasi,” kata dia.

Karena ke depannya, ucapnya, teknologi informasi sangat diperlukan. Silakan mencari cara yang cocok untuk menerapkan ilmunya, di saat tidak ada belajar tatap muka seperti sekarang. Silakan lakukan komunikasi dengan guru, siswa dan masyarakat dimana tempat magang. “Tunjukan kepribadian yang baik dan mudah beradaptasi” tambah Yustinus J.
Dosen Pembimbing Magang Dr. Sandie, M. Pd. menyampaikan, sebanyak 43 mahasiswa/mahasiswi IKIP PGRI Pontianak asal Kabupaten Sintang akan melakukan magang dan KKM di Kabupaten Sintang. “Sebanyak 43 mahasiswa asal Sintang ini, menuntut ilmu di 10 program studi IKIP PGRI Pontianak. Mereka akan magang di 8 sekolah di tiga kecamatan yakni Sepauk, Sintang dan Serawai,” kata dia. Mereka akan magang mulai 26 Oktober 2020 sampai 4 Januari 2021. Sedangkan KKM akan dilaksanakan di 3 kecamatan yakni Kayan Hilir, Kelam Permai dan Sintang pada 7 Januari 2021 sampai 27 Januari 2021.

Komentar

Read Previous

Asisten Administrasi Umum Berpulang, Pemkab Sintang Berduka