• Senin, 24 Juni 2024. Jam: 01:01

Tani Harapan Bahagia  Panen Capai 7,1 ton Perhektar

Sekadau, Kalbar – Bupati Sekadau Aron menghadiri kegiatan panen raya padi varitas inpari 32 milik kelompok tani Harapan Bahagia 1 Desa Rawak Hulu, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Senin, (21/2).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Harianto, Yohanes Ayub dan Hasan, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Mohammad Isa, Kadis DKP3 kab.Sekadau Sandae, Kadis Sosial PP dan PA Kab.Sekadau Afronius Akim Sehan, Kadis Perhubungan Abang Yasin,Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Magdalena Susilawati Aron, Camat Sekadau Hulu Aloysius Ashari, Forkopimcam Kecamatan Sekadau Hulu, beserta tamu undangan lainnya.

Bupati Sekadau, Aron mengungkapkan, bahwa mengapresiasi para petani kelompok tani Harapan Bahagia Desa Rawak Hulu tersebut yang masih mempertahankan lahan persawahannya untuk tidak diganti dengan perkebunan kelapa sawit, meskipun komoditas bidang perkebunan kepala sawit saat ini sedang mengalami harga yang tinggi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para petani, di mana sampai dengan detik ini tidak mengalihkan fungsi lahannya karena sebagian besar ditempat lain dengan begitu membaiknya harga pada sektor bidang lain seperti kelapa sawit sehingga lahan pertaniannya dialih fungsikan ke perkebunan sawit, saya berharap di tempat ini jangan sampai seperti itu karena padi dan beras merupakan makanan pokok bagi kita,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, untuk tempat ini sudah naik statusnya menjadi penangkar benih untuk Kabupaten Sekadau, ini artinya bahwa status pertanian di tempat kita semakin baik, apalagi di tempat ini dalam kurun waktu satu tahun sudah melaksanakan tiga kali panen dengan hasil panen sudah mencapai 7,1 ton perhektarnya, ini sungguh luar biasa.

“Terkait dengan apa yang disampaikan oleh perwakilan gapoktan terkait dengan alat alsintan, tentu kedepan ini akan menjadi fokus kita karena memang tempat yang menjadi central pertanian seperti tempat ini tentu akan menjadi prioritas kita, tinggal nanti sampaikan saja kepada Kades, Camat dan Dinas terkait agar nanti kita programkan,” tuturnya.

Sementara itu, perwakilan dari kelompok tani Harapan Bahagia Desa Rawak Hulu, Zainal Abdul Rahim mengungkapkan bahwa saat ini gapoktan Harapan Bahagia menaungi 19 kelompok yang terbagi dalam 15 kelompok tani yang bergerak dibidang pertanian tanaman padi, 2 kelompok tani dibidang perkebunan yaitu perkebunan kelapa sawit dan 2 kelompok lagi adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) yang bergerak pada budidaya sayur mayur dan pemanfaatan pekarangan serta pada bidang peternakan.

“Luas lahan gapoktan kita khususnya area persawahan yaitu sekitar 294 hektar, dengan indeks penanaman diklasifikasikan IP.100 yaitu 92 hektar, IP.200 152 hektar, IP.300 43 hektar, dan IP.400 adalah seluas 7 hektar,” ujarnya.

Namun, Sebagai upaya untuk memicu para petani tahun 2021 akan  mengadakan kerjasama dengan PT.Pertani dalam hal penangkaran benih padi, sehingga pada tahun kemarin  mempu menangkar benih sebanyak 36 ton, dan pada tahun ini targetkan hasilnya harus mencapai 40 ton benih padi.

Selanjutnya, dia mengatakan, hampir 90 persen petani kita, sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan sendiri dari hasil pertanian padinya, dan bahkan untuk saat ini sudah ada beberapa petani kita yang sudah menjual berasnya ke masyarakat.

“Saat ini masih terdapat berbagai kekurangan dan kebutuhan yang harus terpenuhi untuk memaksimalkan hasil produksi dari lahan pertanian kelompok tani Harapan Bahagia tersebut, seperti pemenuhan sarana dan alat-alat pertanian serta jalan utama tani yang masih rusak, selain itu pihaknya masih belum maksimal dalam mengakomodir penjualan beras petani kepada pihak luar agar penjualannya semakin meningkat,” pungkasnya.

Read Previous

DLH Gelar Peringatan HPSN  Dalam Wujudkan Spot Proklim

Read Next

Bupati Sambas Ingin Tingkatkan Produksi Beras Lokal