• Senin, 20 September 2021. Jam: 19:23

Temui Menkominfo, Bupati Sintang Usulkan Pembangunan 213 BTS Tahun 2022

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno menemui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di Jakarta, Jumat 9 April 2021.

Dikesempatan itu, Jarot kembali mengusulkan pembangunan 213 unit tower BTS (Base Transceiver Station) untuk beberapa kecamatan di Kabupaten Sintang. Usulan tersebut diharapkan menjadi prioritas pembangunan Kominfo pada tahun 2022 mendatang.

Usulan 213 unit tower BTS yang disampaikan Jarot ke Menkominfo utamanya untuk Kecamatan Binjai Hulu dan Kecamatan Sintang. Mengingat, 2 kecamatan itu tidak mendapatkan alokasi pembangunan BTS pada tahun 2021.
Jarot mengatakan, saat pertemuannya dengan Menkominfo dirinya juga menyampaikan terima kasih karena Kominfo akan membangun 164 tower BTS secara multiyears di Kabupaten Sintang tahun 2021 ini. Sejak tahun 2016, total ada 194 BTS yang dibangun di Kabupaten Sintang.

“Saya sampaikan bahwa dengan adanya pembangunan itu, terasa benar kehadiran negara di tempat kita. Diharapkan pembangunan BTS itu terus bertambah untuk desa-desa lainnya,” kata Jarot.
Terkait usulan yang disampaikan, Jarot kemudian mengingatkan beberapa pesan dari Menkominfo. Pertama, Forkopimda bertanggung jawab terkait penyediaan tanah atau lahan. Kedua mengenai lokasi. Ketiga, berkaitan dengan rencana tata ruang desa.

“Jangan sampai, tower yang dibangun lokasinya tidak tepat. Karena akan berdampak pada kemampuan menjangkau pelayanan BTS tersebut. Atau ketika sudah dipasang dan sudah menjangkau banyak tempat, tiba-tiba pembangunan kantor desa di luar area yang ada sinyalnya,” kata Jarot.

Kemudian, sambung Jarot, Menkominfo juga berpesan soal hilirisasi. Agar hadirnya internet di desa bisa mendorong tumbuhnya ekonomi melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kemudian, saya juga melaporkan bahwa beberapa komditas seperti anyaman, tengkawang, kakao dan ikan gabus sudah menggandeng mitra dari Jakarta untuk hilirirasi dan pemasaran produk yang dimaksud,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Sintang Jarot Winarno didampingi Anggota DPRD Sintang Zulherman dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Harysinto Linoh dan Iqbal Natadipura.

Read Previous

Abu Limbah Batubara, Bahan Strategis Baru

Read Next

Kayong Utara Raih Juara Tiga Pengelola Dana Desa Terbaik se-Kalbar