• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 07:40

Tim Penataan Kawasan Bundaran Laksanakan Program Penataan Kota

Singkawang, Kalbar – Tim Penataan Kawasan Bundaran melaksanakan program penataan kawasan yang menjadi bagian dari program dari penataan kota. Khususnya menyediakan spot-spot yang mempunyai daya tarik sebagai bagian dari kota pariwisata, Kamis (28/4).

Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro Selaku Ketua Tim menyampaikan, bahwa adanya pelaksanaan untuk melepas balok lintang gerbang lama.

“Pada malam ini jam 23.45 WIB kami Tim Penataan Kawasan Bundaran sampai dengan simpang Alianyang melakukan penataan kawasan dengan membongkar sebagian item gerbang yaitu melepas balok lintang gerbang lama,” ujarnya.

Terkait dengan pembongkaran sebagian item gerbang lama, Sumastro mnjelaskan, bahwa itu merupakan sebuah program yang dihubungkan dengan hadirnya konsep baru, di mana gerbang tersebut selain mempunyai nilai estetika juga dihubungkan dengan faktor keamanan.

“Serta pertimbangan-pertimbangan lain yang dikelola dalam kerangka memberikan apresiasi dan pandangan yang dianggap relevan dengan pengembangan Kota Singkawang sebagai kota tujuan wisata,” tuturnya.

Ia mengatakan,  penataan gerbang lama untuk diharmonisasi dengan gerbang baru dengan konsep fungsi space iklan merupakan suatu keharusan dengan memadukan unsur kekinian dan dengan pertimbangan keberadaan nilai-nilai gerbang lama.

“Sehingga yang kita adakan perubahan sejauh ini hanya menghilangkan balok lintang dan atap dari gapura lama, sementara sisi relief dan tiang dua sisi tetap dipertahankan. Kita sangat apresiatif dengan pemikiran untuk mempertahankan sisi relief,” ujar Sumantro.

Menurutnya,  sisi relief dan tiang dua sisi tersebut akan dipadukan menjadi elemen penting dalam desain pembuatan taman untuk memperindah kawasan pintu gerbang dan bundaran. Terkait dengan pelepasan balok lintang gerbang, dikarenakan alasan teknis dan seiring dengan perkembangan waktu serta melalui kajian faktor keselamatan jalan, bahwa balok lintang itu telah dikaji dalam posisi mengkhawatirkan dan tidak aman.

“Sehingga lebih baik dan untuk memastikan akhirnya balok lintang tersebut dilepas. Sehingga nantinya akan memberikan jarak pandang yang bagus untuk melihat keberadaan taman dan gerbang baru,” katanya.

Selanjutnya, Di kawasan tersebut, dia mengatakan, nantinya akan dibuat taman pedestrian dan kawasan bundaran. Ia berharap kawasan ini menjadi spot baru bagi masyarakat untuk menikmati keindahan atau menjadi kenangan para wisatawan setelah berkunjung ke Singkawang.

“Di kawasan itu nantinya akan lahir taman pedestrian dan kawasan bundaran yang menjadi spot baru untuk masyarakat Kota Singkawang,” pungkasnya.

Read Previous

Jelang Idul Fitri, Masyarakat Ketapang Laksanakan Tradisi Keriang Bandong

Read Next

Pemkab Sintang Berembuk Cara dan Strategi Cegah Stunting