• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 03:28

TP PKK PUSAT BERSAMA TP PKK PROVINSI KALBAR KUNJUNGI LPP KELAS IIA PONTIANAK

Kubu Raya, Kalbar – Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari, S.STP., M.Si., mendampingi Kunjungan Kerja TP PKK Pusat ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pontianak, Rabu (8/11).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bidang 1 Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Pusat, Ny. Lusie Sugeng Haryono mengatakan bahwa ada beberapa saudara kita yang perlu adanya pembinaan karena tidak sesuai aturan hukum berlaku di Indonesia, setiap manusia itu tentu punya sisi terangnya, maka pada saat mereka dibina ada sesuatu yang akan menerangi hidupnya, sehingga sisi gelapnya tidak terlihat dan itu menjadi tanggung jawab kita TP PKK dan Dharma Wanita maupun Kepala Lapas dan Tim bahwa mereka dihadirkan disini dibina maka disebut pembinaan.

“Semoga apa yang dibina ini menghasilkan hal baik. Pada forum ini saya sampaikan kegiatan TP PKK Pusat kami punya program di Pokja 1 Pembinaan karakter antaranya bagaimana mengedukasi masyarakat untuk tidak menggunakan narkoba karena dampaknya sangat berbahaya,” jelas Ketua Bidang I TP PKK Pusat.

Sembari meninjau lokasi tersebut, dirinya juga menekankan bahwa juga perlu memperhatikan besarnya pencahayaan di suatu ruangan.

“Selama saya mengikuti kegiatan penyuluhan anti narkoba bahwa ketika sudah menggunakan narkoba akan ada saraf kita yang rusak ini harus dipahami teman – teman di lapas. Sehingga tentunya kita harus belajar dari sisi kejiwaan bagaimana men-treatment orang yang tidak normal lagi pola pikirannya akibat narkoba. Yakinlah apa yang kita lakukan pada saat mengedukasi dan sosialisasi datang ke mereka maka akan kembali ke kita dampak baiknya. Kalau kita berpikir positif maka lingkungan kita juga akan positif, jadi kita punya tugas luar biasa di Pokja 1 membina karakter yang baik,” terangnya.

Dirinya juga berharap Lapas tersebut melakukan pembinaan kepada para perempuan yang lapas. Kemudian setelah di luar lapas, dirinya juga berharap peran penting dari masyarakat dan PKK untuk dapat menerima mereka menjadi warga masyarakat seutuhnya.

Sementara itu, Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenkumham Kalbar, Arysanti Tito Andrianto yang mengatakan bahwa TP PKK Pusat telah memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam memajukan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di seluruh Indonesia dan menjadi teladan dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup rakyat, serta memberikan inspirasi bagi seluruh anggota PKK dan masyarakat luas.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung Visi dan Misi PKK Pusat. Semoga kunjungan ini menjadi momen penuh inspirasi dan memberikan semangat baru bagi kita semua dalam menjalankan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih atas kehadiran Ibu beserta rombongan, dan selamat datang di tengah-tengah kami. Kami berharap kedepannya akan membawa perubahan dan kemajuan yang berarti guna untuk memajukan LPP (Lembaga Pemasyarakatan Perempuan) dalam mewujudkan pelayanan Prima,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling mengunjungi WBP di tiap Blok serta melihat buah karya kerajinan yang telah mereka hasilkan selama dibina di Lapas tersebut.(irf)

Oleh: (Nizar Prima Ramadan, S.STP)

Read Previous

Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pontianak Dapat Insentif Fiskal

Read Next

Pemkab KKU hadiri stakeholder gathering RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I