• Minggu, 23 Juni 2024. Jam: 18:49

Wakot Harap Suku Dayak Beri Kontribusi Pada Daerah

Singkawang, Kalbar – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menghadiri pelantikan Ikatan Cendikiawan Dayak Nasional (ICDN) Kota Singkawang di Hotel Khatulistiwa. Sabtu, (12/2). Kegiatan ini dihadiri Forkopimda, Ketua ICDN Provinsi Kalimantan Barat, Ketua Dewan Adat Dayak Kota Singkawang, Ketua Organisasi Masyarakat di Kota Singkawang, Ketua Organisasi Kepemudaan se-Kota Singkawang beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyampaikan, ucapan selamat atas pelaksanaan pelantikan Ikatan Cendikiawan Dayak Nasional (ICDN) Kota Singkawang yang telah berjalan dengan lancar ini. Ia berharap dengan dibentuknya organisasi ICDN Kota Singkawang dapat memberikan ide-ide dan gagasan yang disusun dalam suatu program yang strategis.

“Saya ucapkan selamat atas kelancaran kegiatan pelantikan ICDN Kota Singkawang ini. Saya harap kehadiran organisasi ini dapat memberikan ide dan gagasan yang tertuang dalam program strategis bersama pemerintah. Salah satunya adalah dalam menciptakan SDM unggul di Kota Singkawang dan mampu menghadapi era digital bersama-sama dengan masyarakat Kota Singkawang saat ini,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, kehadiran suku Dayak selama ini begitu berpengaruh dalam menjaga kelestarian alam di pulau Kalimantan. Hal ini terbukti dengan adanya hukum adat Dayak yang secara turun-temurun dilakukan agar mengingatkan kita, untuk hidup berdampingan dengan alam dan tidak merusak kelestarian alam demi kelangsungan hidup masyarakat.

“Eksistensi suku Dayak sebagai salah satu suku mayoritas dan tertua telah menjadi instrument penting dalam menjaga kelestarian alam dan kebudayaannya. Sebagai contoh, jika ada oknum-oknum yang berkeinginan untuk merusak alam di pulau Kalimantan ini, mereka selalu siap menjadi garda terdepan dalam menjaga keseimbangan dan melindungi kelestarian alam,” ungkapnya

Pada kesempatan tersebut, Ia mengutarakan agar pelantikan ini menjadi momentum ICDN Kota Singkawang dalam meningkatkan integritas dan semangat juang serta berpikir untuk membangun bangsa dan Negara.

“Secara khusus saya berharap warga suku Dayak yang tergabung dalam ICDN Kota Singkawang juga dapat berkontribusi kepada daerah melalui pemikiran dan gagasan dalam membangun Kota Singkawang. Baik itu dari segi ekonomi, pendidikan dan khususnya kesehatan dimana kita saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung,” ucapnya.

Selanjutnya, ia juga berharap agar dengan bertambahnya cendikiawan dari berbagai elemen masyarakat dapat menyumbangkan pemikirannya bagi kemajuan bangsa, sehingga dapat  membuat Indonesia menjadi semakin sejahtera khususnya di Kota Singkawang.

Read Previous

Edi Kamtono Capaian Vaksinasi Hingga 90,26 persen

Read Next

Tenaga Kesehatan Puskesmas Putussibau Berikan Penyuluhan Germas