• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 16:18

Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Medsos

Sintang, Kalbar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari menyarankan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar tidak bingung lagi untuk mempromosikan produk unggulannya hingga dapat dilihat konsumen.

Pasalnya, pelaku UMKN di Kabupaten Sintang sudah bisa memanfaatkan media sosial (Medsos) sebagai sarana dan prasarana untuk mempromosikan sumlah produk unggulannya.

“Di era seperti sekarang, yang serba teknologi, tentu dapat dimanfaatkan oleh industri rumah tangga atau pelaku UMKM tersebut untuk memasarkan setiap hasil produk unggulan agar bisa diketahui masyarakat secara luas. Misalnya saja melalui media sosial (medsos) seperti facebook, instagram, whatsapp dan sebagainya, ini dapat menjadi sarana untuk berjualan dan menarik konsumen bagi tiap pelaku UMKM,” ujar Mainar Puspa Sari, Sabtu (28/5).

Rerata, kata Mainar Puspa Sari, masyarakat sudah melek dengan perkembangan teknologi informasi. “Sekarang ini pengguna smartphone tidak hanya bagi kalangan orangtua, dewasa, anak muda, bahkan anak usia dini sudah dalam genggamannya. Nah, ini hanya perlu sedikit belajar bagaimana caranya memanfaatkannya untuk promosi barang, tentu akan membantu siapa pun penggunanya termasuk pelaku UMKM,” ungkap Mainar Puspa Sari mebyarankan ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, belum lama ini.

Kata Srikandi DPRD Sintang ini, kondisi seperti sekarang menurutnyapenting bagi pelaku UMKM untuk mandiri dalam hal berinovasi dan berkreativitas. Dengan dukungan teknologi yang serba canggih dan mudah untuk dimiliki, tentu bukan hal yang sulit lagi bagi mereka untuk meraup pundi-pundi rupiah, seperti hal nya berjualan melalui media sosial (medsos) yang dijelaskannya itu.

“Di samping itu adanya dukungan dari pemerintah, tentunya pelaku UMKM juga harus bisa mandiri, khususnya dalam hal pemasaran sekarang sudah lebih mudah,” ulas Mainar Puspa Sari.

Menurut Mainar Puspa Sari, saat ini banyak pelaku usaha memiliki berbagai macam olahan produk dari industri rumah tangga, hanya saja pemasarannya belum menjangkau luas. Sehingga dengan adanya dukungan teknologi diharapkannyaa mampu menjadi solusi dalam hal pemasaran barang milik UMKM.

“ Masyarakat hanya perlu mencoba dan terus belajar, karena tidak akan ada usaha yang mengkhianati hasilnya,” pungkas Mainar Puspa Sari, wakil rakyat dari Dapil Sintang.

Read Previous

Sekda Kalbar Hadiri Peresmian Gereja Stella Maris Siantan

Read Next

Persoalan Perkebunan Sawit di Sintang Menumpuk