• Sabtu, 15 Juni 2024. Jam: 16:54

Alfian Pimpin Apel Pagi Peringati Hari Batik Nasional

Pontianak, Kalbar – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Drs. Alfian, M.M. Menjadi pembina Apel Rutin Awal Bulan di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat sekaligus memperingati Hari Batik Nasional di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, pada Senin Pagi (2/10). 

Ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional bukannya tanpa alasan. Penetapan tersebut didasarkan pada tanggal diakuinya batik sebagai warisan budaya takbenda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2009 silam.

Peringatan Hari Batik Nasional ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia untuk menghargai batik sebagai hasil karya anak bangsa dan warisan budaya yang harus dilestarikan. Dengan begitu, batik akan bertransformasi sebagai warisan yang dikenal seluruh dunia.

Batik sendiri merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat berharga dan sudah menjadi identitas bangsa ini. Oleh karenanya, Pemerintah Indonesia pun menetapkan hari ini sebagai Hari Batik Nasional.

Batik bermakna sebagai perekat bangsa Indonesia sekaligus menjadi simbol persatuan. Batik kini telah menjadi identitas bagi bangsa Indonesia. Bangsa yang kini sedang tumbuh menjadi bangsa yang besar dan tidak lagi terjebak sebagai bangsa kelas menengah.

Dengan adanya batik, tak akan ada pembagian strata sosial, kaya maupun miskin. Hal ini sebabkan karena batik telah menunjukkan kolektivitas dan kebersamaan.

“Batik merupakan salah satu satu warisan nusantara yang unik, peringatan di setiap tahunnya diselenggarakan dengan tujuan memaknai batik sebagai kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Batik memiliki motif yang juga memiliki makna filosofis yang mendalam.” ungkap Alfian.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan kepada ASN di lingkungan Setda untuk mempercepat proses – proses penyelesaian pekerjaan, mengingat saat ini sudah memasuki triwulan akhir TA 2023.

“Jangan lengah, kita sudah memasuki triwulan IV pada APBD TA.2023. Semoga semua berjalan lancar dan sesuai harapan. Selesaikan pekerjaan – pekerjaan kita dengan baik. Manfaatkan waktu yang ada dengan optimal”, timpalnya.

Kegiatan yang diikuti seluruh ASN dilingkungan Setda yang menggunakan pakaian batik ini dilanjutkan dengan Fashion Show yang diikuti oleh semua ASN yang ada dilingkungan Setda Prov Kalbar, tak ketinggalan para Kepala Biro, Asisten Sekda, Staf Ahli hingga Plh. Sekda sendiri turut meramaikan fashion show dan parade batik tersebut.(adpim)


Oleh: (Nizar Prima Ramadan, S.STP)

Read Previous

Pj Ketua Dekranasda Windy Prihastari Bangga Promosikan Batik Khas Kalbar Pada Event Nasional

Read Next

Kemudahan Mengakses Informasi Pembangunan Jalan Melalui Sigislan