• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 16:27

Apresiasi Kiprah NPCI, Ini Kata Muda

Kubu Raya, Kalbar – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi kiprah National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kabupaten Kubu Raya. Menurutnya, NPCI yang merupakan wadah bagi para atlet penyandang disabilitas ini punya peran sentral dalam memajukan olahraga prestasi bagi para atlet difabel di Kubu Raya. 

“Sampai saat ini NPCI telah berhasil mengirimkan atlet-atletnya di pentas nasional dan internasional. Terbukti di ASEAN Para Games di Solo tahun 2022, NPCI ini mengirimkan 2 orang atlet Kubu Raya dan berhasil memperoleh 1 medali emas dan 1 medali perak. Kemudian saat ini satu orang atlet NPCI Kubu Raya juga sedang mengikuti pemusatan latihan untuk bertanding dalam ajang ASEAN Para Games di Kamboja pada pertengahan 2023 nanti,” tutur Muda Mahendrawan saat menerima audiensi Ketua NPCI Kubu Raya Effendi pada Jumat (24/3) di kediaman pribadi di Jalan Tanjungsari Pontianak.

Muda mengungkapkan, saat ini NPCI Kubu Raya juga tengah bersiap untuk menghadapi ajang Paralympic tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Ia menuturkan selain persiapan bersama pengurus cabang olahraga, persiapan juga dilakukan NPCI bersama Dinas Sosial, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dirinya menyebut ada enam cabang olahraga unggulan, yakni atletik, panahan, renang, angkat berat, tenis meja, dan sepak bola.

 “Ada sekitar 51 atlet dari enam cabang olahraga yang sudah bergabung dengan NPCI Kubu Raya. Saat ini, NPCI Kubu Raya sedang menginventarisasi atlet baru dengan semangat kepung bakul. Sementara ini latihan dilakukan secara mandiri dan akan ditentukan pemusatan latihannya setelah Lebaran. NPCI Kubu Raya juga mengajak para atlet baru untuk bergabung dengan NPCI,” jelasnya.

Ketua NPCI Kabupaten Kubu Raya Effendi berharap organisasi yang dipimpinnya dapat terus meningkatkan prestasi olahraga paralympic di Kabupaten Kubu Raya dan Kalimantan Barat. 

“Meskipun masih kekurangan peralatan latihan, NPCI Kubu Raya sudah berhasil meloloskan tiga atlet di cabang olahraga angkat berat, renang, dan atletik, bahkan Olimpiade Paralympic. NPCI Kubu Raya memiliki target untuk menjadi juara umum pada Paralympic tingkat provinsi,” harapnya.

Dia menyatakan pihaknya telah siap dengan program kerja yang terukur dan efektif. Sehingga kiprah NPCI Kubu Raya dalam pembinaan olahraga disabilitas akan lebih merata.

 “Kami berharap akan mendapat dukungan dalam pembinaan olahraga disabilitas dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya,” pungkasnya.

Read Previous

Pemkab Kubu Raya Terus Dukung Masuknya Investasi

Read Next

Hadiri Safari Ramadan, Edi Ajak Masyarakat Tebarkan Kebaikan