• Selasa, 16 Juli 2024. Jam: 23:06

Balita Gizi Buruk Silahkan Datangi PPGB Dinkes Sintang

Sintang, Kalbar – Bagi balita gizi buruk yang ingin mendapatkan perawatan di PPGB, dapat langsung mendatangi PPGB Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang di jalan Teluk Menyurai Kelurahan Tanjung Puri Sintang.

Kepala Pusat Penatalaksanaan Gizi Buruk (PPGB) Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Adi Sulistyanto mengatakan, PPGB merupakan pelaksana program perbaikan gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang. Sejak berdiri tahun 2001, Kabupaten Sintang menjadi satu – satunya kabupaten/kota di Kalimantan Barat yang memiliki pusat penatalaksanaan gizi buruk.

PPGB bertugas memberikan perawatan balita yang mengalami gizi buruk. PPGB Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang memiliki berbagai sarana dan prasarana untuk menunjung pelayanannya. Diantaranya, timbangan dan alat pengukuran tinggi badan bayi, ruang perawatan umum, ruang perawatan khusus, alat incubator, gudang logistic, ruang perawat dan dapur.

“Selama menjalankan tugasnya, PPGB Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang pernah bekerja sama dengan Belanda untuk perbaikan dan perkembangan tumbuh anak yang gizi buruk dengan jalan melakukan psiotrafi anak – anak yang mengalami gizi buruk,” kata dia, Minggu (29/10).

Dikatakan Adi, gizi buruk pada anak terjadi disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya, karena penyakit, faktor ekonomi masyarakat dan faktor sulitnya masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“PPGB memang dikhususkan untuk perawatan pasien gizi buruk yang ada di Kabupaten Sintang. Kalau balita sudah gizi buruk memang harus dirawat. Tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kalau tidak dirawat pasti meninggal dunia. Inilah fungsi utama dari PPGB, yaitu merawat anak balita yang gizi buruk,” kata dia.

Read Previous

Tutup Turnamen Mancing Udang, Bupati Minta Jaga Ekosistem Alam

Read Next

Bupati Lepas Kontingen Futsal PORPROV XIII