• Minggu, 14 April 2024. Jam: 09:24

Camat Embaloh Hilir Bersama Forkopincam Embaloh Hilir Adakan Rapat Koordinasi Menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024

Kapuas Hulu, Kalbar – Menjelang pelaksanaan pemilihan Umum serentak pada 14 Februari 2024, Pemerintah Kecamatan Embaloh Hilir bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan  Kecamatan (Forkopincam) Embaloh Hilir terus berupaya untuk memastikan jalannya pemilu dengan aman dan damai.

Untuk menyukseskan pemilu 2024, Pemerintah Kecamatan Embaloh Hilir menggelar “Rapat Koordinasi Menyukseskan Pemilu 2024“ guna pemantapan kesiapan dalam upaya mendukung suksesnya pemilu 2024 di Kecamatan Embaloh Hilir.

Kegiatan Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Camat Embaloh Hilir, M.Nasharuddin, S.E. tersebut dilaksnakan pada Senin, (12/02) dan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Embaloh Hilir .

Selain Camat Embaloh Hilir, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Embaloh Hilir beserta anggota, Danramil Embaloh Hilir beserta anggota, Plt Kepala Puskesmas Embaloh Hilir, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Embaloh Hilir, Ketua Panwaslu Kecamatan Embaloh Hilir, Para Kasi Kantor Kecamatan Embaloh Hilir, dan Kepala Desa se-Kecamatan Embaloh Hilir.

Dalam sambutannya Camat Embaloh Hilir, M. Nasharuddin, S.E menyampaikan bahwa rapat koordinasi yang dilaksanakan merupakan bentuk kerja sama antar instansi, penyelenggara dan pengawas demi suksesnya penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 di Kecamatan Embaloh Hilir.

“Menindaklanjuti instruksi dari kabupaten, hari ini kita melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka memberikan dukungan untuk menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 ini. Dari sisi Pemerintah Kecamatan Embaloh Hilir, kami siap memfasilitasi dan memberikan dukungan agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancer.” Ungkap Camat.

Lebih lanjut Camat menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Embaloh Hilir siap memberikan dukungan baik dari segi fasilitas maupun personil yang ada di Kantor Kecamatan Embaloh Hilir yang siap untuk berkerja mendukung pelaksanaan pemilu.

“Semoga proses pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 di Kecamatan Embaloh Hilir ini dapat berjalan dengan sukses, dan semoga semua pihak dan komponen yang terlibat dalam menyukseskan pemilu dapat berfungsi sebagai mana mestinya, baik itu personil, logistik, maupun sistem atau aplikasi yang digunakan dalam pelaksanaan pemilu.” Tutup Camat.

Semenrata itu dalam sambutannya Kapolsek Embaloh Hilir yang diwakili oleh Aipda Ikhwana Yusbar menyampaikan kesiapan pihak kepolisisn siap mengamankan logistik dan pelaksanaan pemilu.

“Kami dari Polsek Embaloh Hilir siap mengawal dan mengamankan baik itu dalam hal pendistribusian logistik maupun pelaksanaan pemilu di TPS-TPS yang ada. Dalam hal pendistribusian atau pergeseran logistik, kami pihak keamanan melaksanana pengamanan melekat dengan logistik yang didistribusikan.” Papar Ikhwana.

“Berkenaan dengan kesiapan pengamanan, dari Polsek Embaloh Hilir siap mengamankan 22 TPS yang ada di Kecamatan Embaloh Hilir dan kami akan mengerahkan semua personil yang ada untuk mengamankan jalannya pemilu serentak tahun 2024 ini.” Papar Ikhwana.

Menutup sambutannya Ikhwana berpesan kepada semua pihak agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pemilu 14 Februari mendatang, agar tercipta suasana yang damai ditengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Embaloh Hilir, Iswadi dalam sambutannya memaparkan hal-hal yang bersifat teknis berkenaan dengan pendistribusian logistik dan teknis pelaksanaan pemilu.

“Berdasarkan PKPU nomor 66 tahun 2024, pihak PPK melaksanakan tahapan pendistribusian logistik pemilu ke PPS dan selanjutnya PPS akan mendistribusikan logistik kepada KPPS. Jadwal kegiatan pendistribusian logistik tersebut akan kami laksanakan dalam waktu dua hari. Hari ini, kami akan mendistribusikan logistik kepada PPS Desa Nanga Embaloh dan PPS Desa Nanga Palin. Untuk tujuh desa yang ada di luar Ibukota Kecamatan akan kami distribusikan pada tanggal 13 Februari besok.” Jelas Iswadi.

“Untuk kesiapan kami di PPK, logistik sudah siap saat ini dan akan kami distribusikan kepada pihak PPS. Untuk itu kami memohon bantuan para Kepala Desa yang hadir agar dapat menyampaikan informasi kepada PPS dan KPPS bahwa pendistribusian logistik ke Desa-desa diluar Ibukota Kecamatan akan segera dilakukan dan dipastikan pihak PPS berada di lokasi pada saat logistik didistribusikan.” Tegas Iswadi.

Lebih lanjut Iswadi menjelaskan bahwa dalam hal pendistribusian logistik ada aplikasi SILOK (Sistem Informasi Logistik) yang harus diisi oleh PPK, PPS dan KPPS baik saat logistik naik maupun saat logistik turun.

“Kami berharap kepada para kepala desa untuk dapat menginformasikan dan menghimbau kepada masyarakat untuk datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024 dan melakukan pemungutan suara sesuai dengan C pemberitahuan yang telah disebarkan di masing-masing desa mulai tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 Februari 2024.” Tutup Iswadi.

Sejalan dengan Ketua PPK, Cahya Budiman mewakili Ketua Panwaslu Kecamatan Embaloh Hilir menyampaikan bahwam Panwaslu Kecamatan Embaloh Hilir siap untuk melakukan pengawasan demi suksesnya pemilu serentak tahun 2024.

“Kami dari Panwaslu mengucapkan terima kasih kepada pihak kecamatan yang telah menginisiasi kegiatan ini. Kegiatan ini sebagai bukti untuk membentuk kemitraan dan sinergisitas kita dalam menyukseskan pemilu serentak tahun 2024.” Papar Cahya Budiman.

Lebih lanjut Cahaya menegaskan bahwa pihak Panwaslu Kecamatan Embaloh Hilir telah melaksanakan semua tahapan yang ada dalam proses pemilu tahun 2024.

“Dari jajaran pengawas, mulai dari Panwascam, PPKD, dan PTPS insyaAllah siap melakukan kegiatan pengawasan. Dan kami sudah mengikuti dan melaksanakann semua tahapan pemilu dari awal Coklit sampai dengan rekapitulasi hasil nantinya.” Papar Cahaya.

“Terima kasih kami sampaikan kepada pihak Kecamatan Embaloh Hilir, Anggota Polsek Embaloh Hilir, Anggota Koramil Embaloh Hilir dan Pihak Desa yang telah ikut bersama-sama dalam patrol penertiban Alat Peraga Kampanya (APK) pada masa tenang mulai tanggal 11 sampai dengan tanggal 13 Februari 2024.” Tutup Cahaya Budiman.

Read Previous

H-2 Pemungutan Suara Pemilu 2024, PPK Embaloh Hilir Disrtibusikan Logistik Pemilu ke PPS se-Kecamatan Embaloh Hilir

Read Next

Nakes Puskesmas Empanang Pelayanan di Posyandu Lansia Terintegrasi Posbindu Dusun Batu Ampar