• Minggu, 14 April 2024. Jam: 08:58

Cegah Penyebaran Wabah DBD, Pemerintah Desa Nanga Palin Lakukan Fogging ke Rumah Warga

Kapuas Hulu, Kalbar – Sebagai upaya mencegah dan menangulangi  terjadinya penyebaran wabah Demam Berdarah Dangue (DBD) di lingkungan masyarakat,Pemerintah Desa Nanga Palin berkerja sama dengan Puskesmas Embaloh Hilir melaksanakan  kegiatan Fogging Focus di rumah-rumah dan lingkungan warga Desa Nanga Palin Kecamatan Embaloh Hilir.

Kegiatan Fogging yang dilaksanakan di Dusun Sura Dilaga dan Dusun Piang Banang Desa Nanga Palin pada Minggu (04/02) teresebut dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Embaloh Hilir, Perangkat Desa Nanga Palin dan di dampingi juga oleh Kasi Kesra Kecamatan Embaloh Hilir.

Berdasarkan informasi yang di sampaikan oleh Kepala Desa Nanga Palin, Saini menyampaikan bahwa kegitan fogging dilakukan sebagai upaya mencegah dan menanggulani penyebaran wabah DBD.

“Terima kasih kepada pihak Puskesmas Embaloh Hilir yang telah bersedia berkerja sama dan membantu kami untuk melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan fogging ini merupakan upaya dari Pemerintah Desa Nanga Palin untuk mencegah penyebaran DBD di masyarakat yang berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, ada beberapa warga kami yang terpapar DBD.” Ungkap Saini

Lebih lanjut Saini menyampaikan bahwa kegiatan fooging yang dilakukan hari ini akan dilaksanakan di semua rumah dan lingkungan masyarakat yang ada di dua Dusun yang ada di Kecamatan Embaloh Hilir.

“Fogging ini akan dilakukan  ke semua rumah warga, baik yang berada di Dusun Sura Dilaga maupun  yang berada  di Dusun Piang Banang. Kegiatan ini juga dilakukan  di sekolah-sekolah dan fasilitas umum lainnya yang ada di Desa Nanga Palin. Untuk proses pengasapan dilakukan di dalam  hingga halaman rumah warga serta selokan di sekitar pemukiman warga.” Lanjut Saini.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat bahwa pencegahan DBD membutuhkan dukungan dari masyarakat melalui program 3M Plus yaitu menutup wadah penampungan air, mengubur atau  membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk, dan menguras atau mengganti air di penampungan air. hal lain yang juga bisa mencegah terjadinya DBD yaitu dengan menghindari gigitan nyamuk yaitu menggunakan kelambu saat tidur dan menggunakan  racun nyamuk. Kami juga menghimbau kepada seluruh warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing.“ Tutup Saini.

Read Previous

Pemkab Ketapang Salurkan Bantuan Beras kepada 35.884 Penerima Manfaat

Read Next

USAID ERAT Laksanakan Bimtek dan Konsolidasi Tim Pengelola SP4N-LAPOR