• Rabu, 25 November 2020. Jam: 17:25

Kunker Bukan Jalan-Jalan Saja

Sintang, Kalbar – Citra negatif di masyarakat bahwa kunjungan kerja (kunker) DPRD hanyalah kegiatan jalan jalan para anggota dewan haruslah segera dihilangkan.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Florensius Ronny mengatakan pihaknya akan berusaha maksimal mengubah kesan negatif kunjungan kerja (kunker) ke luar daerah yang kerap dinilai sebagai jalan-jalan semata.
“Masyarakat selama ini, selalu menganggap bahwa anggota dewan hanya tahu bahas anggaran, setelah itu selesai. Kami ingin, DPRD diingat karena bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksi),” kata Ronny pada wartawan di DPRD Sintang, beberapa waktu lalu.

Ia mengakui untuk mengubah stigma itu tidak mudah. Namun, pelan-pelan DPRD Sintang akan menunjukan dengan kinerja yang baik. Ronny yakin, dengan kinerja maksimal maka masyarakat akan perlahan-lahan menghapus stigma negatif tersebut.

“Kami akan berusaha maksimal melaksanakan tupoksi. Agar, masyarakat betul-betul memahami bahwa lembaga legislatif merupakan penyeimbang bagi pemerintah. Serta sebagai kontrol agar pemerintah melakukan kegiatan pembangunan maupun melaksanakan kebijakan dengan sebaik-baiknya,” kata politisi muda Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.

Makanya, sambung Ketua DPRD termuda se-Kalbar ini, seluruh kunjungan DPRD Sintang kedepan harus benar-benar sesuai dengan bidang tugasnya yang sudah ditetapkan dalam Alat Kelengkapan DPRD.

“Kunjungan ke kecamatan, provinsi maupun laur pulau harus sesuai alat kelengkapan DPRD. Misalnya komisi B yang membidangi pembangunan. Ketika pergi ke luar pulau, tentu menuju daerah yang lebih maju. Agar bisa dijadikan contoh untuk pembangunan di Kabupaten Sintang,” ucapnya.

Ronny kemudian menyampaikan contoh lainnya. Yakni ketika Badan Anggaran DPRD pergi melakukan kunker. “Nah, ketika konsultasi harus berangkat sesuai alat kelengkapan DPRD yang dimaksud,” tegasnya lagi.

Komentar

Read Previous

Pimpinan DPRD Sintang Dilantik

Read Next

Harapan Dewan Sintang pada Kabinet Jokowi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *