• Rabu, 17 April 2024. Jam: 13:09

Cek Kesiapan Pemilu 2024, Kapolsek Bunut Hulu Bersama Forkopincam Tinjau Lokasi TPS

Kapuas Hulu, Kalbar – Kapolsek Bunut Hulu Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar Iptu Jaspian bersama Forkopincam Bunut Hulu melakukan pengecekan kesiapan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di wilayah Kecamatan Bunut Hulu, Selasa (13/02).

Adapun Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dicek oleh rombongan Forkopincam bersama penyelenggara pemilu seperti PPK dan Panwaslu. Kedatangan rombongan Forkopincam disambut langsung oleh Ketua PPS dan Kepala Desa Sungai Besar yang didampingi oleh Ketua KPPS beserta anggotanya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Camat Bunut Hulu Joko Kusmanto, S.H., Kapolsek Bunut Hulu Iptu Jaspian, Pamatwil zona IV Polsek jajaran Polres Kapuas Hulu Kasat Pol Air Iptu Hariono, Babinsa Koramil 1206-13/Bunut Hulu, Ketua PPK serta Ketua Panwaslu Kecamatan Bunut Hulu yang bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan dalam proses demokrasi yang merupakan tanggung jawab bersama.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Hendrawan melalui Kapolsek Bunut Hulu Iptu Jaspian mengatakan bahwa pengecekan dan peninjauan lokasi TPS ini dilaksanakan dalam rangka melihat persiapan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 di wilayah Kecamatan Bunut Hulu.

”Pengecekan ini langkah upaya meminimalisir potensi kerawanan yang akan mengganggu jalannya pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun 2024. Dan juga untuk memastikan kesiapan fasilitas pemilihan serta memastikan bahwa semua proses berjalan sesuai aturan,” ujar Iptu Jaspian.

Selanjutnya, Iptu Jaspian menyampaikan bahwa pengecekan ini juga guna melihat persiapan di lapangan dan merupakan bagian dari upaya preventif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kecamatan Bunut Hulu menjelang hari H pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

“Dengan kegiatan ini, harapannya tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Sehingga pelaksanaan proses demokrasi dapat berjalan dengan aman, nyaman, lancar dan damai, di wilayah Kecamatan Bunut Hulu,” pungkas mantan Kasihumas Polres Kapuas Hulu.

Iptu Jaspian juga mengingatkan kepada KPPS agar selalu menjaga netralitas dan tidak memihak atau mendukung salah satu paslon dan jangan mengambil kebijakan di luar aturan tetaplah berkoordinasi dengan pihak PPK, Panwaslu dan Forkopincam Bunut Hulu.

Sementara itu, Camat Bunut Hulu Joko Kusmanto, S.H., mengatakan bahwa tidak hanya mengecek kesiapan fisik, kami juga menekankan pentingnya persiapan yang matang dalam hal kelengkapan fasilitas di lokasi TPS yang terbuka.

“Jaringan listrik dan tenda yang memadai menjadi fokus utama untuk mengantisipasi gangguan pada saat pelaksanaan Pemilu,” katanya.

Kemudian Joko Kusmanto menyampaikan sinergitas yang terjalin antara pihak TNI-Polri, Pemerintah Kecamatan, dan unsur penyelenggara pemilu menjadi kunci dalam memastikan bahwa demokrasi di wilayah Kecamatan Bunut Hulu berlangsung dengan baik.

“Dengan semangat kolaborasi dan kerja keras semua pihak, diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap suksesnya pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 di wilayah Kecamatan Bunut Hulu yang aman damai serta akan memberikan hasil yang memuaskan bagi semua pihak,” ucap mantan Camat Suhaid.

Penulis : JS/Humas Res KH

Read Previous

Satlinmas Siap Sukseskan Pemilu 2024

Read Next

Paparan Kepala Bappeda Sintang pada Musrenbang