• Selasa, 18 Juni 2024. Jam: 04:37

Desa Informatif, KI Kalbar Kunjungi Desa Sejiram

Sambas, Kalbar – Demi mendukung Desa Sejiram dalam Apresiasi Desa 2022 untuk Desa Infromatif,  Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat menggelar sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa, yang dilaksanakan di Desa Sejiram, Jumat (21/10).

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk Meningkatkan pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Desa untuk menghasilkan layanan Informasi Publik yang berkualitas

Sebelumnya Desa Sejiram, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas terpilih sebagai perwakilan Kalimantan Barat untuk mengikuti Apresiasi Desa untuk Desa Informatif tingkat nasional tahun 2022.

Ketua Komisi Informasi Prov. Kalbar M. Darussalam mengharapkan agar pada tahap awal Desa Sejiram bisa masuk dalam 10 Besar desa informatif tahun 2022, Karena hanya Desa yang masuk dalam 10 Besar yang akan di verifikasi lapangan dan visitasi tim penilai dari Komisi Informasi Pusat.

Lebih lanjut Ia mengatakan Program Apresiasi Desa ini baru berjalan selama dua Tahun dan KI Kalbar merekomendasikan Desa Sejiram pada Apresiasi Desa Tahun 2022 untuk mewakili Kalimantan Barat.

Diakhir sambutannya Darussalam mengharapkan agar Desa Sejiram menjadi contoh bagi desa lain di Kalimantan Barat sebagai Desa yang terbuka dan Informatif.

Kepala Dinas Kominfo selaku Ketua PPID kabupaten Sambas Ilham Jamaludin dalam sabutannya menceritakan tentang terbentuknya PPID Kabupaten Sambas yang telah lama terbentuk meskipun saat itu dengan segala keterbatasan, dan untuk saat ini PPID Kabupaten Sambas telah mencapai Sebagai Kabupaten Informatif dengan menduduki peringkat tiga di Kalimantan Barat.

Ilham mengharapkan agar nantinya Desa Sejiram mampu bersaing dan menjadi yang terbaik di tingkat Nasional bahkan melebihi PPID Kabupaten. Lebih jauh ilham menambahkan bahwa Pemerintah Daerah kabupaten Sambas memberikan dukungan penuh terhadap keterbukaan informasi publik di Kabupaten Sambas.

Acara diisi dengan sosialisasi, untuk sesi pertama dengan tema standar layanan Informasi Publik, bagaimana desa memiliki standar dalam penyampaian informasi publik desa. Dan sesi kedua dengan tema Apresiasi Desa tahun 2022



Read Previous

Seminar Penyusuanan Analisis Makro Perekonomian Landak Dibuka

Read Next

Turnamen Sujiwo Cup Sukses Digelar