• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 05:19

Dinas Kominfo Sanggau Adakan Forum Satu Data Indonesia

Sanggau, Kalbar – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto menyampaikan bahwa seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi digital memberi kemudahan bagi penggunanya dalam mengakses data dan informasi yang dibutuhkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto Ketika membuka Forum Satu Sata Indonesia di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sanggau, Selasa (11/10).

“Oleh karena itu, sebagai salah satu agen yang menggerakkan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, pemerintah mempunyai kewajiban dan tantangan untuk dapat menyampaikan data dan informasi yang benar kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia mengatakan, bahwa setiap aparatur negara dan pemerintah daerah mempunyai kewajiban dan misi untuk mengelola data dan menampilkannya sebaik-baiknya dan seakurat mungkin.

“Mengingat pentingnya tugas ini, maka Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau merasa perlu melakukan kegiatan Forum Satu Data Indonesia di Kabupaten Sanggau tahun 2022,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto.

Para peserta kegiatan ini, lanjut dia adalah perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaen Sanggau yang juga merupakan produsen data, yang seluruhnya berjumlah 28 perangkat daerah.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah; yang pertama, sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antara pembina data (BPS), koordinator data (Bappeda), wali data (Diskominfo) dan produsen data (perangkat daerah), dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Kabupaten Sanggau; kedua, mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan terkait penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Kabupaten Sanggau dan ketiga, agar informasi publikasi kepada masyarakat, dapat lebih mudah jika diakses. Untuk itu, dibutuhkan input data yang berkualitas agar menghasilkan metadata yang berkualitas pula,” pungkasnya.

Read Previous

Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu Jadi Wadah Edukasi

Read Next

Bupati Aron  Buka Pelatihan Regsosek