• Minggu, 14 April 2024. Jam: 08:12

Dukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

Mempawah, Kalbar – Kegiatan ini sebagai dukungan Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-24, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendorong pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di daerah melalui kegiatan Komitmen Bersama.

“Acara ini bertujuan untuk mendukung kebijakan Transisi PAUD ke SD di wilayahnya masing-masing. Kemudian mendorong kolaborasi pemangku kepentingan untuk memastikan gerakan penguatan transisi PAUD ke SD terlaksana di daerah, serta mendukung implementasi program kerja yang berkaitan dengan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” tutur Erlina.

Dalam kegiatan tersebut, ungkap Erlina, seluruh Bunda juga diminta berkomitmen untuk menerapkan tiga target, sesuai arahan Mendikbudristek. “Pertama, menerapkan calistung sebagai syarat masuk SD. Kedua, melakukan proses pengenalan sekolah di awal tahun pembelajaran. Ketiga, menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan fokus pada seluruh kompetensi pondasi anak,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Iwan Syahril, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek (Dirjen PAUD Dikdasmen), mengungkapkan bahwa untuk mengakhiri miskonsepsi tersebut, gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan memiliki tiga target perubahan yang hanya dapat tercapai melalui dukungan lintas pihak.

Lebih lanjut, Iwan turut menyampaikan apresiasi kepada para Bunda PAUD di seluruh pemerintah daerah yang sudah melakukan penyamaan visi bersama-sama, sehingga para Bunda PAUD menggerakkan Kelompok Kerja Bunda PAUD untuk membuat Rencana Tindak Lanjut 2023, dan melakukan pencanangan komitmen bersama untuk terus menguatkan gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

“Saya mengucapkan terima kasih, kita tidak bisa melakukan ini tanpa dukungan semua pihak. Khususnya bagi semua yang sudah mendukung dan bahu membahu dengan Kemendikbudristek dalam upaya mencapai tiga target perubahan pada PAUD dan SD,” ucap Iwan.

Kegiatan komitmen bersama Bunda PAUD untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini dibuka langsung oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. dan di hadiri seluruh Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Mitra Penggerak. (Diskominfo)

Read Previous

109 Jamaah Haji Singkawang Diberangkatkan Pada Bulan Juni Ini

Read Next

Penyelanggaraan Peringatan HKG PKK ke-51 Tingkat Provinsi