• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 07:50

Edi Kamtono Resmikan Gedung Puskesmas Alianyang

Pontianak, Kalbar  – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meresmikan Gedung UPT Puskesmas Alianyang yang berlokasi di Jalan Pangeran Natakusuma, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Jumat, (11/3). Gedung yang berdiri megah itu dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp7,9 miliar.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, bahwa puskesmas tersebut bangunannya sangat representatif dan rapi.

Ia menilai, bangunan tersebut sudah memenuhi standar sebagaimana yang menjadi syarat dalam memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Namun, tak kalah pentingnya adalah melengkapi rambu-rambu atau petunjuk arah maupun alur pelayanan puskesmas supaya lebih memudahkan masyarakat atau pasien saat berobat ke puskesmas.

“Dengan petunjuk-petunjuk yang jelas, masyarakat atau pasien yang datang berobat tidak lagi kebingungan harus ke mana,” ungkap Edi.

Inovasi juga menjadi bagian penting dalam meningkatkan pelayanan puskesmas. Oleh karenanya, dia berharap, jajaran Puskesmas Alianyang bisa menciptakan inovasi berbasis teknologi agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam pelayanan. Misalnya, menyediakan aplikasi atau website yang di dalamnya memuat berbagai informasi terkait pelayanan yang disediakan puskesmas. Sehingga, masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan, bisa terlebih dahulu melihat pelayanan apa saja yang tersedia di puskesmas ini. “Ciptakan inovasi bagaimana puskesmas ini bisa lebih efektif dan efisien,” ucapnya.

Dengan difungsikannya gedung puskesmas yang baru ini, dirinya berharap kepada seluruh jajaran Puskesmas Alianyang, mulai dari Kepala Puskesmas hingga seluruh staf dan tenaga kesehatan di bawahnya bisa memberikan pelayanan yang optimal.

“Sehingga masyarakat yang datang ke puskesmas ini mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan,” tuturnya.

Lahan atau areal puskesmas harus hijau dan teduh. Untuk itu Edi meminta, agar areal lingkungan puskesmas dilengkapi dengan pepohonan sebagai penghijauan supaya lebih teduh dan asri.

“Saya perlu ingatkan di depan puskesmas ini, ada yang namanya sumurbor dan sumurbor itu harus terus dijaga karena sudah ditetapkan sebagai cagar budaya,” ucap Edi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menerangkan, bangunan puskesmas yang baru diresmikan ini terdiri menjadi dua bagian, yakni bagian depan dan bagian belakang yang difungsikan sebagai ruang rawat persalinan. Dia menyebutkan, beberapa pelayanan unggulan puskesmas ini, yakni pelayanan obstetri yang merupakan pelayanan kebidanan dasar. Pada pelayanan ini, puskesmas menyediakan pelayanan persalinan dengan kapasitas lima tempat tidur.

“Puskesmas Alianyang ini terdapat pelayanan fisioterapi, yang mana pelayanan itu baru dua puskesmas yang menyediakannya,” ujarnya.

Sidiq menambahkan, Puskesmas Alianyang ini sudah memenuhi standar pelayanan untuk puskesmas, termasuk sumber daya manusianya. Terlebih, puskesmas ini dibangun pada saat pandemi Covid-19 sehingga pasien sehat dan pasien sakit sudah dipisahkan. Artinya pasien yang sakit, tidak akan bertemu dengan pasien yang sehat.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya puskesmas ini Kota Pontianak bisa menghadirkan satu puskesmas unggulan, kita harapkan inovasi-inovasi yang  sudah pernah diraih oleh Puskesmas Alianyang ini terus dikembangkan,” pungkas Sidiq.

Read Previous

Pemkab Sekadau Gelar Pelantikan dan Pengukuhan Pejabat Sekadau

Read Next

Edi Kamtono Harap Ajang MTQ XXX Hasilkan Regenerasi