• Selasa, 16 Juli 2024. Jam: 17:13

Generasi Muda Dimintaa Berkontribusi dalam Pembangunan

Sintang, Kalbar – Generasi muda diharapkan dapat berkontribusi aktif dalam pembangunan bersama pemerintah daerah. Pemerintah Kabupaten Sintang melalui dinas terkait juga diminta untuk bisa membantu pengembangan potensi para generasi muda yang ada di Bumi Senentang ini.

Lantaran, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukan strategis dalam pembangunan nasional. Untuk itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda dalam semua dimensi pembangunan perlu ditingkatkan.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Senen Maryono, Kamis (8/6), mengatakan, salah satu kunci sebagai agen perubahan tentunya adalah keyakinan yang dimiliki oleh generasi muda. Artinya generasi muda harus percaya dengan apa yang dimiliki dan selalu melakukannya dengan baik dan benar.

“Jadi, pemuda mempunyai peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai bidang, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah,” kata Senen Maryono, anggota Dewabn Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang.

Karenanya, Senen Maryono menilai bahwa pengembangan potensi bagi generasi muda ini dimaksudkan untuk memberikan ruang gerak yang lebih bagi para generasi muda untuk berkarya dan memberikan sumbangsihnya terhadap kemajuan pembangunan.

Untuk mewujudkannya, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini meminta pemerintah daerah memfasilitasi dan mendukung segala kegiatan positif yang dilakukan pemuda di Kabupaten Sintang ini.

“Kembangkan potensi generasi muda kita, fasilitasi mereka, sehingga mampu memberikan kontribusi maksimal terhadap pembangunan dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujar Senen Maryono.

Salah satu hal yang bisa dilakukan, kata legislator DPRD Sintang ini, yakni dengan memberikan semacam pelatihan keterampilan untuk mengasah kemampuan mereka menjadi lebih baik.

Selain itu, pelaksanaan event atau kegiatan yang menyasar pada para generasi muda juga harus diperbanyak. Baik itu yang bertajuk pendidikan, seni budaya dan lain-lain.

“Selain itu kita juga dorong dan dukung mereka untuk mulai berwirausaha sejak dini, fasilitasi mereka, berikan edukasi, bimbingan dan semacamnya,” pungkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini.

Read Previous

Putera Terbaik Asal Ketapang Dilantik Jadi Rektor IKIP Pontianak

Read Next

Bupati Aron Buka Acara Peringatan HKG PKK