• Jumat, 27 November 2020. Jam: 21:11

Kayong Utara Bangun Puskesmas di Kepulauan Karimata

Bupati Kayong Utara, Citra Duani meletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Desa Padang.

Sukadana (Rakyat Borneo) – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara membangun puskesmas di Desa Padang Kepulauan Karimata. Peletakan batu pertama pembangunan puskesmas tersebut, dilakukan Bupati Kayong Utara, Citra Duani, Jumat (21/8).  

“Pemerintah berupaya memberikan asas pemerataan terutama di wilayah kepulauan, mengingat penduduk terbanyak ada Desa Padang Pulau Karimata, maka selayaknya puskesmas dibangun di sini,” kata Citra Duani.

Kehadiran puskesmas di Pulau Karimata tidak hanya untuk pelayanan kesehatan, namun diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya kesehatan dan gizi seimbang, terutama bagi anak anak kepulauan.

“Kami akan merekrut kembali dokter dan tenaga kesehatan khusus untuk menempati Puskesmas Desa Padang. Kehadiran mereka secara perlahan merubah pradigma masyarakat yang masih mempercayai dukun sebagai tempat berobat,” tuturnya.

Selain di Desa Padang, Citra juga mendirikan puskesmas di Desa Pelapis, menggunakan anggaran DAK untuk perluasan puskesmas lama.

“Relokasinya berupa bangunan puskesmas dengan layanan rawat inap, ditambah rumah dinas dokter dan petugas kesehatan. Jadi masyarakat Karimata tidak perlu mengarungi lautan hanya untuk mendapatkan layanan dokter dan rawat inap,” terangnya. (tim/editor : tantra)

Komentar

Read Previous

Puskesmas Teluk Batang Direhab Total

Read Next

Sumber Air Belaban Suplai Bagi Simpang Hilir