• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 07:05

Masyarakat Nanga Mahap Dapat 600 Paket Bantuan Banjir

Sekadau, Kalbar – Wakil Bupati Sekadau Subandrio meninjau langsung daerah terdampak banjir serta salurkan langsung bantuan kepada sejumlah desa terdampak banjir di Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Selasa (25/1). Turut hadir pada kegiatan penyerahan bantuan tersebut yaitu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Kasat Pol PP Kabupaten Sekadau, Kepala Dinas Sosial PP dan PA Kabupaten Sekadau, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sekadau, Camat Nanga Mahap serta beberapa Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dan para Kepala Desa di Kecamatan Nanga Mahap.

 Pada pertemuan tersebut, dijelaskan bahwa terdapat 6 Desa terdampak banjir yang diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi di Kecamatan Nanga Mahap. Adapun sejumlah Desa yang terdampak banjir tersebut diantaranya Desa Nanga Mahap, Desa Teluk Kebau, Desa Tembesuk, Desa Batu Pahat, Desa Lembah Beringin serta Desa Landau Kumpai.

 Subandrio mengatakan, bahwa dalam menangani musibah seperti ini mulai dari Bupati, Kepala Dinas dan para Kepala Desa serta RT dan RW  harus tanggap terhadap permasalahan yang sedang dialami oleh masyarakat. “Kita akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Selain itu juga kita minta kepada semua Kepala Desa untuk dapat membuat data base banjir, karena di Kecamatan Nanga Mahap ini merupakan kecamatan yang bisa dikatakan bersih dari banjir,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan, walaupun bencana ini bukan seperti bencana banjir yang pernah dialami pada beberapa waktu yang lalu namun harus tetap tangani dengan baik, jika tidak maka akan mengakibatkan aktifitas masyarakat terganggu.“Berkaitan dengan kegiatan kita hari ini maka perlu dilakukan pendataan warga-warga kita yang memerlukan bantuan baik itu PKH (Progran Keluarga Harapan) ataupun yang lainnya dari Pemerintah yang diperuntukan bagi warga kurang mampu,” katanya.

Pada sambutannya,  Subandrio menekankan kepada para Kepala Desa serta perangkat desa untuk benar-benar mendata masyarakat miskin atau yang kurang mampu sesuai dengan fakta dilapangan, agar tidak ada proses penyaluran bantuan yang salah sasaran. “Saya menyampaikan, perangkat desa dan staf desa itu jangan sampai masuk di data orang miskin, serta perangkat Dusun, RT dan RW jangan dimasukan dalam data orang miskin, karena sudah mendapatkan honor dari pemerintah setiap bulannya,” tegasnya.

Penyaluran bantuan banjir dari Pemda Sekadau sebanyak 600 paket sembako tersebut, diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Sekadau secara simbolis dan diikuti para kepala SKPD. Dilingkungan Pemkab Sekadau serta Anggota DPRD Sekadau. kepada para Kepala Desa yang selanjutnnya akan disalurkan kepada masyarakatnya yang terdampak banjir.

Read Previous

Wakil Bupati Sanggau Berikan Bantuan Korban Kebakaran

Read Next

Ria Norsan Sambut Hangat Pengurus FPK