• Minggu, 1 Oktober 2023. Jam: 13:08

Mini Lokakarya Penyusunan Rencana Aksi Satu Data Sukses Digelar

Sambas, Kalbar – Sebagai bentuk nyata implementasi Satu Data Indonesia di Kabupaten Sambas, Pemerintah Kabupaten Sambas melalui Dinas Kominfo Kabupaten Sambas bersama USAID ERAT melaksanakan kegiatan Mini Lokakarya Penyusunan Rencana Aksi Satu Data Indonesia Kabupaten Sambas (Tim Penyusun Tahap I) USAID ERAT (tata pemerintahan yang efektif, efisien, dan akurat) selama 3 hari dari tanggal 13 – 15 september 2022. Pembukaan kegiatan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Mohammad Yayan Kurniawan Mewakili bupati sambas di Hotel Pantura Jaya Sambas, Selasa (13/9).

Kepala Bappeda selaku Koordinator forum kabupaten Sambas, Yudi, S.Sos, M.Si, mengharapkan output dari kegiatan ini berupa Rumusan strategi, program, kegiatan yang terangkum dalam dokumen rencana aksi Satu Data Indonesia (SDI) Kabupaten Sambas sesuai amanat Perpres 39 Tahun 2019.

Dia menambahkan, bahwa pada acara hari ini akan ada penjelasan mengenai Portal Satu Data dan Sharing Pembelajaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso melalui zoom meeting.

Sambutan bupati sambas  yang diwakili asisten II, Ir. Mohammad Yayan Kurniawan, M.MA mengatakan Pemerintah Kabupaten Sambas telah menerbitkan peraturan Bupati Nomor 68 Tahun 2021 tentang satu data tingkat daerah. Satu data Indonesia tingkat daerah diselenggarakan dengan koordinasi melalui forum satu data tingkat daerah yang dikoordinir kepala BAPPEDA.

“Atas nama bupati sambas saya mengharapakan peran aktif serta konsistensi OPD terkait dalam penanganan satu data di kabupaten sambas,” ujarnya.

Dia menjelaskan,  satu data sangat diperlukan serta sudah menjadi program nasional dalam pembangunan, khususnya di Kabupaten Sambas. Dia  mengharapkan untuk kerjasama antar elemen satu data dalam percepatan penanganan satu data terutama dalam hal agar satu data terwujud.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pihak USID ERAT yang telah memberikan pendampingan khusudnya kepada pemerintah kabupaten sambas.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara Penjelasan mengenai Portal Satu Data dan Sharing Pembelajaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso melalui zoom meeting dengan Moderator dari Provincial Coordiantor USAID ERAT  Kalimantan Barat, Muhammad Bisri.

Turut dihadiri, kepala OPD terkait, Provincial Coordiantor USAID ERAT  Kalimantan Barat beserta Tim, Fasilitator Satu Data USAID ERAT, serta undangan lainnya

Read Previous

Dewan Geram, Usulan Perbaikan Jembatan Tak Digubris Pemkab Sintang

Read Next

Satu Unit Cafe Terbakar di Putussibau