• Selasa, 16 Juli 2024. Jam: 23:22

Opening Meeting Survey Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Boyan Tanjung

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu H. Sudarso, S.Pd.,M.M mendampingi Surveyor Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) dalam kegiatan Opening Meeting Survey Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Boyan Tanjung Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat pada Kamis (21/12).

Hadir bersama Kadinkes PP dan KB yaitu para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu.

Survey Akreditasi Puskesmas Boyan Tanjung dilaksanakan LASKESI yaitu dr. Wirdan Mahzumi, M.Kes.,M.Si selaku Ketua dan anggota Endang Maman Sudirman, S.K.M.,M.A.P.

Hadir Camat Boyan Tanjung beserta Forkopimcam beserta para kepala desa, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya pada Opening Meeting Survey Akreditasi Puskesmas Boyan Tanjung, Kepala Dinas PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu H. Sudarso menyampaikan bahwa salah satu upaya peningkatkan mutu pelayanan kesehatan adalah melalui akreditasi, yang bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan bagi pasien dan masyarakat secara berkesinambungan.

“Seperti yang pada hari ini kita laksanakan bersama-sama,” ujar Kadinkes PP dan KB. Dikatakan Sudarso, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah menempatkan pembangunan Kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu melalui beberapa strategi, salah satu strategi yang dilaksanakan yaitu peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas.

“Misi ke-5 Bapak Bupati – Wakil Bupati Kapuas Hulu HEBAT yaitu “Mewujudkan Kapuas Hulu yang Sejahtera dalam Pelayanan Kesehatan Dasar yang Bermutu bagi Masyarakat,” jelas Kadinkes PP dan KB.

Oleh karena itu, Kadinkes PP dan KB menegaskan, Puskesmas Boyan Tanjung yang merupakan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan, bertanggung jawab menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan di wilayah kerja Kecamatan Boyan Tanjung.

“Maka dari itu, harapan saya Puskesmas Boyan Tanjung dalam menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik Promotif, Preventif, Kuratif maupun Rehabilitatif, tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan untuk menjamin mutu pelayanan yang diterima oleh masyarakat,” harap Sudarso.

Selaku Kepala Dinas PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu, H. Sudarso menyampaikan Apresiasi dan dukungan penuh bagi Kepala Puskesmas Boyan Tanjung beserta jajaran, agar dapat menjalani Survey Akreditasi ini dengan baik, dan dapat melakukan perbaikan dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan maupun monitoring dan evaluasi program maupun pelayanan.

“Jadikan momen akreditasi ini sebagai titik awal untuk memberikan pelayanan yang terbaik di masa yang akan datang, bukan hanya pada saat survey saja, karna surveyor atau penilai sesungguhnya adalah masyarakat yang menerima layanan kesehatan,” tegas Kadinkes PP dan KB.

Kepada Tim Surveyor, Kadinkes berharap agar dapat melakukan penilaian dengan obyektif serta memberikan pembinaan dan masukan serta saran bagi perbaikan pelayanan di Puskesmas Boyan Tanjung agar semakin baik kedepannya.

“Kepada Camat beserta Forkopimcam serta lintas sektor saya harapkan dapat mendukung penuh kegiatan ini, dan jika nanti diperlukan untuk telusur atau wawancara agar dapat meluangkan waktu, saya selaku Kepala Dinas siap mendukung kesuksesan kegiatan akreditasi Puskesmas se-Kabupaten Kapuas Hulu, termasuk di Puskesmas Boyan Tanjung ini,” pungkas Kadinkes PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu.

Read Previous

Kadishub Menghadiri Rakor Lintas Sektor dalam rangka Sinergitas Pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

Read Next

Camat Embaloh Hilir Hadiri Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Ujung Bayur