• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 00:41

PEMBUKAAN FESTIVAL BUAH DAN FLORIKULTURA KALIMANTAN BARAT TAHUN 2023

Pontianak, Kalbar – Kegiatan Pembukaan Festival Buah dan Florikultura Kalimantan Barat Tahun 2023 oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Barat dr. Harrison, M.Kes di halaman parkir Ayani Mega Mall Pontianak. Kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura ini bertujuan untuk meningkatkan value dari komoditi buah lokal dan florikultura khas Kalimantan Barat.

“Kalimantan Barat itu brandingnya adalah Rimba dan Budaya sesuai slogan Kalbar Rimba dan Budaya. Rimbanya ini yang akan kita explore dalam artian adalah potensi buah lokal yang ada di Kalimantan Barat ini bagaimana caranya bisa kita perkenalkan dengan dunia, kita budidayakan dan kita kembangkan untuk meningkatkan pendapatan petani atau pekebun. Dengan festival ini semoga kita dapat meningkatkan pendapatan petani atau pekebun dan juga pendapatan kita semua secara umum” ujar Harrison.

Dalam kesempatan ini juga, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Florentinus Anum, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan Festival Buah dan Florikultura ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, namun karena terkendala covid, untuk tahun lalu kegiatan ini ditiadakan. Tujuan utama kegiatan Festival Buah dan Florikultura ini adalah untuk menggali potensi buah dan florikultura bumi khatulistiwa. Begitu banyak potensi buah dan juga florikultura exotic yang kita miliki yang belum kita kenal yang sebenarnya merupakan plasma nuftah yang bisa kita kembangkan menjadi mata pencaharian kita di masa yang akan datang. Saat ini kita hanya mengenal durian, asam, langsat padahal sebenarnya banyak sekali potensi buah dan florikultura exotic yang kita miliki . Banyak sekali potensi buah exotic yang belum tergali, kedepan komoditas hortiKultura ini bisa menjadi mata pencaharian bagi petani dan pekebun dan dapat kita budidayakan menjadi komoditi unggulan Kalimantan Barat. Kegiatan Festival ini dilaksanakan saat kondisi ekonomi kta yang belum baik baik saja, maka dalam pelaksanaannya kami juga menggelar upaya dalam hal pencegahan inflasi daerah melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan UMKM kita dalam mempromosikan dan juga kreatifitas dalam hal pengolahan dari komoditas yang kita pamerkan sehingga dapat meningkatkan minat beli masyarakat kita, ujar Anum.

Oleh: (Erwansyah)

Read Previous

TINGKATKAN KONEKTIVITAS TRANSPORTASI DALAM MENDUKUNG IBUKOTA NUSANTARA

Read Next

Pemda Kapuas Hulu Hadiri Presentasi Monev Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023