• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 19:29

Pemkab Kubu Raya Lepas 139 Calon Jemaah Haji

Kubu Raya, Kalbar  – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melepas 139 Calon Jemaah Haji. Secara simbolis pelepasan tersebut dilakukan oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Selasa (14/6), di kediaman Jalan Tanjung Sari Pontianak.

Muda Mahendrawan mengatakan, sebelum berangkat, awalnya para calon haji harus menjalankan medical cek up di Rumah Sakit Kubu Raya sehingga semuanya lolos kesehatanya.

“Hari ini kita memberikan penguatan dalam arti pelepasan serta memberikan sedikit arahan sekaligus menyerahkan uang saku,” katanya.

Dia berpesan agar Calon Jemaah Haji terus menjaga kesehatan, hingga kembali lagi ke Kubu Raya.  “Walaupun saat ini masih ada tantangan dan ada yang belum bisa berangkat, harus tetap optimis akan lebih baik kedepan, semoga pemerintah Arab Saudi juga membuka kran seperti sebelumnya dengan kondisi yang normal kembali,” pesannya.

Dikatakan muda, semua tidak perlu terlalu bersedih, walaupun di tinggal jauh dalam sementara waktu.  “Mungkin salah satu lebih dari 65 tahun, tentu salah satu tak bisa ikut. Jadi kita yakinkan optimis, sabar dan tidak ada yang kebetulan. Muda-mudahan ini bermakna baik untuk kedepanya,” katanya.

Ia menambahkan, hal ini sangat luar bisa dan memberikan pesan, bahwa jamaah haji dari Kubu Raya merupakan calon jemaah haji menanjak, karena memberikan peluang untuk mendoakan yang tersisa agar bisa berangkat tahun depan.

“Doakan yang 65 keatas juga. Ini diberikan ruang untuk ibadah juga. Sekaligus penguatan secara spiritual, emosional, sosial dan memperkuat silaturahim, terutama antar daerah. Ini momen perekat,” katanya.

Ketua Panitia Calon Haji Lugito mengatakan, Kubu Raya akan memberangkatkan sebanyak 139 calon jemaah haji.  “Tanggal 16 Juni 2022, Hari Kamis, kita akan menerbangkan para CJH ini ke Batam. Kubu Raya dua kali penerbangan. Mudah-mudahan CJH Kabupaten Kubu Raya semuanya menjadi haji yang mabrur,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kubu Raya Ruslan, pengajuan awal di Kabupaten Kubu Raya ini ada sebanyak 312 orang. Namun melihat situasi pandemi Covid-19 dan terjadi pembagian, Kubu Raya dapat pembagian kuota sebanyak 139 orang, sekitar 48 persen dari jumlah yang telah diajukan.

 “Makanya saya berharap Covid-19 segera selesai, agar Kubu Raya bisa memberangkatkan sesuai kuota yang telah diajukan. Semoga yang belum bisa berangkat, tahun depan mudah-mudahan bisa berangkat,” harapnya.

Dia mengatakan, dari kuota yang diajukan, sekitar 170 orang  yang tidak bisa berangkat, dikarenakan usia diatas 65 tahun. “Yang tidak membolehkan itu dari keputusan Kementerian Saudi Arabia, sehingga Kemenag mengikuti aturan tersebut. Karena yang boleh berangkat usia 18 sampai usia 65 tahun. Yang jelas jumlahnya 48 persen,” katanya.

Read Previous

Bupati Sintang Berikan Pengarahan Pada Sosialisasi Pencegahan PMK

Read Next

Kabupaten Sekadau Masih Jadi Daerah Endemis Rendah