• Minggu, 14 April 2024. Jam: 08:44

Pemkab Sambas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sambas, Kalbar – Pemerintah Kabupaten Sambas melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis 1 Juni 2023. Bupati Sambas, Satono bertindak sebagai inspektur upacara di halaman Kantor Bupati Sambas.

Upacara tersebut diikuti seluruh jajaran pejabat dan ASN lingkungan Pemkab Sambas dan unsur Forkopimda. Dalam kesempatan itu, Bupati Satono membacakan sambutan Presiden Joko Widodo di momen Hari Lahir Pancasila.

Bupati Satono mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan, ”dikatakan Satono.

Satono menambahkan yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideology, ” ujarnya.

Di samping itu, imbuh dia, evolusi Industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

“Ketika konektivitas 5G melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat. Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu,” ucapnya.

Diakhir Sambutannya Satono mengajak seluruh Pejabat dan ASN untuk bersatu padu dan bergerak aktif dalam memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan, ”tutupnya.

Read Previous

Kondisi Lalu Lintas Penutupan Tournamen dan Final Bola HUT Kota Putussibau ke-128

Read Next

Pj Bupati Landak Buka Liga Puma U21 Kecamatan Menjalin